Brilio.net - Ir Soekarno merupakan proklamator Indonesia yang dikenal dengan semangatnya yang kuat. Presiden pertama Republik Indonesia itu rela berkorban bersama dengan pahlawan lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah. Ir Soekarno dikenal sebagai sosok yang memiliki kecerdasan, kewibawaan, dan kepandaiannya dalam berorasi.

Lewat orasi dan pidato yang menggebu, berhasil membakar semangat dan mengguncang hati seluruh masyarakat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Hal inilah yang membuat Soekarno banyak menjadi acuan semangat rakyat.

Ada banyak kata-kata motivasi yang didapat dari kutipan pidato hingga tulisan-tulisannya. Tak ayal jika kata motivasi yang Soekarno lontarkan berhasil membakar semangat kaum muda. Soekarno dianggap sebagai cermin nasionalisme warga negara.

Nah, berhubungan dengan kata-kata motivasi, sebentar lagi Indonesia akan memperingati ulang tahun kemerdekaan yang ke-77. Diharapkan di hari kemerdekaan ini menjadi peluang bagi masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Melalui kata-kata motivasi Ir Soekarno, dapat mengingatkan warga Indonesia akan semangat yang dikorbankan.

Yuk, simak 40 kata-kata motivasi Ir Soekarno kobarkan semangat kemerdekaan, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (10/8).

Kata-kata motivasi Ir Soekarno penuh makna.

Kata-kata motivasi Ir Soekarno © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa."

2. "Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan."

3. "Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?"

4. "Janganlah kita lupakan demi tujuan kita, bahwa para pemimpin berasal dari rakyat, dan bukan berada atas rakyat."

5. "Berpedomanlah pada harapan dan ketetapan hati. Berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan-angan."

6. "Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat modern. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme."

7. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia."

8. "Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib Tanah Air di dalam tangan kita sendiri."

9. "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

10. "Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!"

Kata-kata motivasi Ir Soekarno kobarkan semangat.

Kata-kata motivasi Ir Soekarno © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

11. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca benggala dari pada masa yang akan datang."

12. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak."

13. "Bangsa adalah segerombolan manusia yang keras, ia punya keinginan bersatu dan mempunyai persamaan watak yang berdiam di atas satu geopolitik yang nyata satu persatuan."

14. "Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan Gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia."

15. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri."

16. "Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia."

17. "Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk Tanah Air dan bangsa, pemuda begini sebaiknya digunduli saja."

18. "Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat."

19. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

20. "Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?"

21. "Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan".

22. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya."

23. "Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali."

24. "Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat."

25. "Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya."

Kata-kata motivasi Ir Soekarno tentang kemerdekaan.

Kata-kata motivasi Ir Soekarno © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

26. "Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya."

27. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati!"

28. "Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi, kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara."

29. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

30. "Dalam pidatoku, "Sekali Merdeka tetap Merdeka!" Kucetus semboyan: "Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta Kemerdekaan."

31. "Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!"

32. "Untuk membangun negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun."

33. "Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita."

34. "Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat modern. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme."

35. "Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah."

36. "Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada Tanah Air dan bangsa."

37. "Tuhan tidak merubah nasib suatu bangsa, sebelum bangsa itu mengubah nasibnya."

38. "Kemerdekaan adalah jembatan emas, jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal, dan abadi."

39. "Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat ini supaya utuh tidak retak."

40. "Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas. Di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!"

(brl/pep)