Brilio.net - Saat ini, cuaca memang sulit sekali diprediksi kadang hujan dan kadang panas. Kita sebagai orang yang memiliki aktivitas di luar ruangan harus waspada dengan segala kemungkinan cuaca yang akan terjadi.

Apalagi bagi kamu yang setiap harinya berkendara, bila menggunakan kendaraan motor harus sedia mantel atau jas hujan. Dan bila kamu membawa kendaraan mobil harus cek kendaraan mobil itu sendiri.

Duta Keselamatan Berkendara, Rifat Sungkar pun mengatakan saat musim hujan, pengendara khususnya mobil harus sangat berhati-hati saat berkendara. Berikut tips berkendara aman saat hujan menurut Rifat Sungkar.

1. Cek kendaraan sebelum bepergian

5 Kriteria ini yang paling dicari cewek ketika memilih mobil  © 2018 brilio.net

Loading...

Saat berkendara, pastikan kendaraan dalam kondisi baik seperti rem, roda, kaca spion.

2. Atur kecepatan berkendara

koleksi mobil mewah bintang sepak bola dunia © 2018 berbagai sumber

Berkendara di saat hujan kita harus memerhatikan speed atau kecepatan yang kita lakukan, karena banyak hal yang bisa membuat kita panik.

Contohnya, genangan air yang tidak terlihat membuat efek aquaplaning atau seperti mobil yang terpelesat di atas.

“Kalau kita nggak hati-hati dan panik seperti injek rem justru membuat mobil kita balik arah. Jadi sebaiknya jangan injek rem, tapi angkat gas saja, agar mengontrol kendaraan sesuai jalurnya,” ujar Rifat saat ditemui dalam acara Media Touring Test Drive Xpander, Yogyakarta, belum lama ini.

3. Selalu cek karet wiper

hujan lapar hujan lapar

Pastikan selalu mengganti karet wiper dan cek selalu semprotan air untuk kaca tersebut.

“Minimal ganti wiper 2 tahun sekali dan cek semprotannya karena jalan kontor membuat semprotan tertutup tanah karena terkena cipratan dari mobil lain. Jadi penting banget cek semprotan dan karet wiper,” tutur suami Sissy Prescillia ini.

4. Lampu pastikan standby menyala

mobil murah sedunia © 2018 brilio.net berbagai sumber

Nyalakan lampu saat hujan sangat penting untuk melihat kendaraan lain atau juga kondisi jalanan, apalagi bila hujan deras.