Brilio.net - Terrarium atau tanaman dalam botol maupun toples memang sudah booming di luar negeri sejak awal tahun 2012-an. Sedangkan di Indonesia masih sedikit orang yang menekuni terarium. Hal itulah yang mengilhami Endra (24) untuk belajar terrarium secara otodidak. Tak disangka karyanya disukai banyak orang sehingga dia mengembangkannya dalam sebuah bisnis dengan nama Taman Kecil.

"Kalau mulai belajar sih tahun 2013, otodidak saja. Baru pada tahun 2015 saya buka pesanan buat orang dan jadilah bisnis sampai sekarang," tutur mahasiswa ISI Jogjakarta ini kepada brilio.net, Rabu (3/5).

Membuat terarium ini memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Bahan dasarnya adalah batu-batuan kecil, tanah liat, lumut dan beberapa tanaman. Biasanya Endra membutuhkan waktu sekitar empat hari untuk menyelesaikan satu toples.

BACA JUGA: Kamu nggak akan percaya kalau lihat 10 pohon ini, bikin pengen panen

Untuk satu karyanya, Endra mematok harga mulai dari Rp 60.000-Rp 400.000 tergantung tingkat kesulitan dan besar kecilnya toples. Untuk pemasaran, mahasiswa jurusan Desain Interior ini lebih mengandalkan media sosial seperti Instagram dan sering mengadakan workshop. Mau tahu seperti apa karya Endra? Simak 20 gambar di bawah ini seperti yang sudah brilio.net dari instagramnya @tamankecil, Minggu (8/5).

Loading...

1. Cantik banget kan ya?

taman kecil © 2016 brilio.net

2. Bisa buat kado pas Lebaran nih..

taman kecil © 2016 brilio.net

3. Tampak nyata banget ya?

taman kecil © 2016 brilio.net

4. Itu toples bekas minuman bisa juga dipakai lho..

taman kecil © 2016 brilio.net

5. Kalau liat gini bawaannya adem ya?

taman kecil © 2016 brilio.net

6. Rumah impian?

taman kecil © 2016 brilio.net

7. Tuh cuma pakai lumut aja kelihatan alami banget.

taman kecil © 2016 brilio.net

8. Cocok banget buat kado pernikahan temen nih..

taman kecil © 2016 brilio.net

9. Atau buat kado ulang tahun juga keren kok.

taman kecil © 2016 brilio.net

10. Ih lucuuu banget nggak sih?

taman kecil © 2016 brilio.net

Cocok untuk kenang-kenangan. KLIK NEXT