Brilio.net - Apa kabar generasi 90-an? Generasi terakhir 90-an harusnya udah pada kuliah nih. Pertengahan harusnya lagi sibuk kerja. Awal 90-an harusnya udah pada punya momongan. Paling tidak udah nikah lah.

Di tengah sibuknya kuliah, kerja atau ngurus suami/istri atau anak, nih brilio.net sekadar ngingetin kembali komik Jepang yang dulu nemenin masa-masa remaja kamu. Apa aja komiknya? Berikut brilio.net kumpulkan 10 komik Jepang paling populer di Indonesia yang bakalan bikin kamu generasi 90-an, nostalgia abis. Kuy.

1. Doraemon.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: bukalapak

Loading...

La, la, la, aku sayang sekaliii... Doraemon~

Komik sepanjang masa ini bercerita tentang sebuah robot masa depan yang dikirim ke masa lalu untuk membantu Nobita. Nobita ini anak ceroboh, bodoh, pemalas, tukang tidur. Pokoknya Doraemon tugasnya mengubah sifatnya Nobita agar keturunan di masa depannya tidak menderita.

Komik ini tamat pada tahun 1996 pada volume 45. Nah baru pada 2005 ada 5 volume baru yang dipublikasikan namun dengan cerita yang berbeda dari 45 volume. Ada yang masih punya komiknya nggak?

2. Dragon Ball.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Siapa nih yang kangen Goku dan kawan-kawan?

Komik karangan Akira Toriyama ini berkisah tentang perjalanan Goku, Bulma, Krilin dan kawan-kawan berusaha mengumpulkan 7 buah bola naga. Nah ini nih makanya komiknya disebut Dragon Ball. Komik ini kemudian diadaptasi menjadi anime dengan lagu yang pastinya semua anak 90-an sudah hafal luar kepala.

3. Kenji.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: Suarasuarahujan.wordpress.com

Komik dengan jumlah volume 21 ini bercerita tentang Kenji Goh, seorang cowok yang lagi belajar kungfu. Saking berbakatnya, berbagai ilmu kungfu udah dia pelajari. Nanti ilmu ini dia pakai buat lawan si Tony Tan. Penulis komik ini, Ryuchi Matsuda, sampai-sampai belajar bela diri lho ketika nulis komik ini. Mungkin buat inspirasi.

4. Shoot.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: akibanation.com

Ini nih salah satu komik bagi anak-anak pecinta bola. Komik ini berputar di kisah kehidupan tiga serangkai: Toshi, Kenji dan Kazuhiro untuk mencapai impian mereka, menjadi pesepak bola andal. Komik karya Tsukasa Ooshima ini ditulis hingga 33 volume. Udah baca semua belum?

5. Detektif Conan.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: bukalapak

Komik favorit yang bikin anak generasi 90-an tiba-tiba berubah jadi detektif andal. Komik ini bercerita tentang kisah kehidupan Shinichi Kudo, seorang cowok berumur 17 tahun yang terperangkap di tubuh anak berumur 7 tahun karena diracuni.

Nah Shinichi yang kemudian menyamar sebagai Conan Edogawa ini mencoba memecahkan misteri orang yang meracuni dia. Selama itu, dia ikut membantu memecahkan kasus-kasus kecil yang datang silih berganti.

6. Kobo Chan.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: tokopedia

Komik yang versi animenya dulu sering tayang pada hari Minggu jam 7 pagi ini komiknya nggak kalah tenar lho. Kobo Tabata, seorang anak kecil yang sebenarnya polos, tapi kalau lagi nakal bisa bikin ngakak guling-guling. Komik ini menceritakan kehidupan seorang anak kecil di keluarga sederhana. Masih ingat Satoshi, Akira dan Hanako nggak?

7. Kungfu Boy.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: sofiadewi.com

Satu lagi komik tentang bela diri selain Kenji yang cukup populer. Komik karya Takeshi Maekawa ini berkisah tentang Chinmi, karakter adik, kakak atau pacar paling idaman deh. Baik hati, rajin, pekerja keras, dan masih banyak lagi.

Tapi komik ini nggak berfokus ke sifatnya ya. Chinmi ini menurut legenda bakal menjadi ahli kungfu yang menyempurnakan kungfu Dairin. Nah kisah pelatihannya dan serunya dia melawan musuh yang menjadi pusat cerita. Sayangnya komik ini hanya ditulis sampai volume 37 saja.

8. Slam Dunk.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: tokopedia

Kalau tadi komik untuk pecinta sepak bola, kali ini untuk pecinta basket. Komik yang ditulis Takehiko Inoue ini berkisah tentang tim bola basket di SMA Shohoku dan lika liku kisah persahabatan dan percintaan dan persaingan dalam menjadi juara dalam pertandingan antar SMA. Hayo jadi kangen sama Hanamichi, Kaede dan kawan-kawan kan?

9. Shin-Chan.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: theandino.blogspot.com

Nah ini anak kecil tapi otaknya udah gede duluan. Hasil Karya Yoshito Usui ini bercerita tenang keluarga Nohara yang kocaknya minta ampun. Shin-chan yang suka membangkang dan merayu cewe cantik, ayah dan ibunya yang nggak kalah bikin ngakak. Komik ini juga dibuatkan animenya lho. Tayang di setiap hari Minggu pagi. Sayangnya sekarang udah nggak tayang lagi.

10. Candy-Candy.

Komik Zaman baheula © 2017 brilio.net

foto: tokopedia.com

Ini satu-satunya komik yang kental dengan nuansa romance. Komik karya Kyoko Mizuki ini memang berpusat pada kisah perjalanan dan cinta Candice 'candy' White. Candy sendiri adalah serang berwarganegara Amerika yang mencari cinta sejatinya. Ada yang masih ingat kisah cintanya dengan Terry atau ending-nya yang twist banget?

Jadi senyum-senyum sendiri nggak? Ini kenangan ketika hal yang harus dipikirin cuma PR dan bermain. Jadi nostalgia kan? Hmm, sudah kuduga!