Bukan pakai obat kumur, ini cara bikin gigi putih dan bebas bau mulut dengan 1 bahan kue

Bukan pakai obat kumur, ini cara bikin gigi putih dan bebas bau mulut dengan 1 bahan kue

Brilio.net - Memiliki kondisi mulut dan gigi yang bersih jelas merupakan suatu hal yang diinginkan semua orang. Namun, begitu dikarenakan gigi selalu dipakai dalam proses mengonsumsi makan dan minum, kondisi mulut dan gigi pun juga secara konstan berada dalam kondisi yang kotor. Akibatnya, tidak hanya gigi yang berwarna putih cerah itu berubah warna menjadi kuning yang kotor, gigi pun menjadi rentan terkena plak dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Proses menguningnya gigi biasanya dipicu oleh bertemunya sisa-sisa konsumsi makan dan minum dengan bakteri dan air liur di mulut. Proses yang menempel pada gigi ini lambat laun mengurangi kecerahan warna gigi dan memunculkan lapisan lengket berwarna kuning. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, bakteri tadi dapat memproduksi asam kuat yang tidak hanya membuat mulutmengeluarkan bau tak sedap, namun juga merusak lapisan enamel gigi, sehingga membuatnya rapuh dan mudah berlubang.

Nah, tapi kamu nggak perlu khawatir kok. Soalnya, ada lho trik sederhana menggunakan sumber bahan alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah bau mulutini. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran baking soda, kunyit, dan lemon seperti yang ditunjukkan oleh @anubeauty.tips via Instagram sebagaimana dilansirbriliobeauty.netpada Kamis (5/10).

putih dan bebas bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Baking soda (natrium bikarbonat) adalah bahan dasar pembuat kue yang nyatanya memiliki fungsi baik dalam perawatan gigi lho. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu mengikis noda kuning pada gigi dan memutihkannya kembali. Selain itu, sifat alkali dalam baking soda membantu menetralkan keasaman di mulut, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan perusak gigi.

putih dan bebas bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan senyawakurkumin. Kandungan ini memiliki manfaat antiinflamasi dan antioksidan yang baik. Kurkumin juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi bakteri yang penyebapbau mulut dan infeksi gigi. Selain itu, kemampuan mencerahkan yang juga dimiliki oleh kurkumin dalam kunyit ini bisa membantu menghilangkan noda dan mengurangi peradangan pada gusi.

putih dan bebas bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Lemon sendiri terkenal kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat antibakterinya. Vitamin C dalam lemon tidak hanya dapat mencerahkan, namun juga membantu meningkatkan produksi kolagen dalam gusi sehingga mendukung kesehatan gusi. Plus, sifat antibakteri alami pada lemon dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan plak sehingga bisa mengurangi potensi gigi berlubang. Akan tetapi, karena kandungannya yang cukup poten, disarankan tidak terlalu sering menggunakannya pada gigi secara langsung.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES