Wajah kenyal dan awet muda, ini cara mengatasi kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah

Wajah kenyal dan awet muda, ini cara mengatasi kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Seiring proses penuaan, banyak sekali tanda-tanda yang terjadi pada kulit. Seperti kerutan, garis halus, hingga flek hitam yang mulai muncul. Kerutan adalah proses penuaan alami yang terjadi pada semua orang. Kerutan pertama terbentuk di usia 20-an, biasanya kerutan terlihat di dahi atau sekitar mata.

Penyebab munculnya kerutan adalah melambatnya produksi kolagen dan elastin di lapisan dermis akibat faktor usia, sehingga elastisitas dan kekenyalan kulit wajah berkurang. Faktor usia ini masih ditambah dengan faktor eksternal, di antaranya paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok.

Tak hanya kerutan, flek hitam juga merupakan salah satu faktor yang menandakan bahwa kulit mulai mengalami penuaan. Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Flek hitam merupakan kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome.

Masalah kulit ini paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Kondisi kulit tertentu atau efek samping dari obat juga bisa memicu timbulnya flek hitam. Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya atau lanjut usia.

Jika kamu mengalami kedua masalah tersebut, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencegah sekaligus mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @dorahermin.

Dalam video unggahan itu, ia membagikan cara mengatasi kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang. Selain pisang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan yoghurt.

"masker kerut dan bintik hitam," katanya dalam video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @dorahermin, Selasa (27/6).

Cara mengatasi kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pada umumnya, orang-orang hanya tahu bahwa pisang memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun tidak hanya untuk kesehatan, pisang ternyata bermanfaat untuk kecantikan, lho. Dilansir dari Daily Heart Alerts, buah yang tersedia sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini rupanya mengandung vitamin esensial, seperti B3, B5, B6, dan vitamin C yang sangat berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES