Trik simpel bersihkan plak membandel pakai 1 jenis sayuran, gigi auto kinclong & nggak gampang bolong

Trik simpel bersihkan plak membandel pakai 1 jenis sayuran, gigi auto kinclong & nggak gampang bolong

Brilio.net - Gigi adalah bagian penting dari sistem pencernaan manusia yang memiliki peran utama dalam proses mengunyah makanan. Namun, karena gigi selalu dipakai untuk proses konsumsi makan dan minum, seringkali gigi kemudian menghadapi berbagai masalah umum berupa munculnya plak yang dapat menyebabkan gigi menguning hingga berlubang. Plak merupakan lapisan lengket yang terbentuk oleh bakteri yang hidup di mulut dan menyatu dengan sisa makanan dan air liur. Bakteri ini akan menghasilkan asam yang merusak lapisan enamel gigi dan dalam prosesnya akan menyebabkan gigi berlubang dan menjadi nyeri.

Dari penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa plak gigi akan terbentuk terutama ketika adanya sisa makanan dan kotoran lain yang tidak dibersihkan dengan baik. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman berasa, sudah pasti akan ada sedikit "rasa" yang tertinggal di mulut. Lama kelamaan, apabila tidak dibersihkan dengan baik, asam ini akan terus merusak gigi dan memicu berbagai masalah lainnya, termasuk membentuk karang gigi.

Untuk mengatasi masalah ini, terkadang kandungan pada pasta gigi tidaklah cukup terutama bila kotoran pada gigi telah lama mengendap. Namun begitu, kamu nggak perlu panik karena ada solusi alami yang dapat digunakan. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan ekstrak wortel, lemon, dan bubuk kunyit seperti yang ditunjukkan oleh @mridulmadhok di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (6/7).

bersihkan plak membandel  Instagram

foto: freepik.com

Wortel merupakan sayur yang acap disangkut pautkan dengan kesehatan mata. Namun, siapa sangka ternyata wortel juga dapat dimanfaatkan secara baik untuk kesehatan gigi. Wortel mengandung vitamin A yang tinggi, beta-karoten, vitamin K, dan berbagai jenis serat. Dalam hal ini, vitamin A dan beta-karoten bekerja secara efektif membantu menjaga kesehatan gusi dan enamel gigi. Sementara itu, serat pada wortel juga membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri sehingga meminimalisir ancaman kotoran dan bau mulut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES