Trik memutihkan lutut gelap pakai 1 jenis rempah dapur, kulit cerah merata tanpa produk bleaching

Trik memutihkan lutut gelap pakai 1 jenis rempah dapur, kulit cerah merata tanpa produk bleaching

Brilio.net - Lutut yang tampak hitam dan menggelap umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini membuat kulit area lutut lebih gelap dari area kulit lainnya. Sehingga, warna kulit jadi tidak merata. Penyebab lutut hitam yang paling utama adalah hiperpigmentasi yang terjadi saat kulit memproduksi melanin berlebih.

Selain hiperpigmentasi, ada berbagai faktor penyebab kulit lutut terlihat lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Seperti lutut sering mendapatkan gesekan atau tekanan contohnya keseringan berlutut, penumpukan sel kulit mati, terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, peradangan pada kulit, hingga faktor keturunan atau genetik.

Lutut gelap memang bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, terlepas dari warna kulitnya. Walaupun begitu, tak sedikit orang yang tidak percaya diri karena memiliki lutut gelap, sehingga merasa perlu memutihkannya.

Banyak orang membeli produk bleaching untuk memutihkan area lutut, padahal tak semua orang cocok dengan produk pemutih kulit tersebut. Tak sedikit yang justru mengalami iritasi karena kandungan bahan kimia di dalamnya. Padahal ada bahan alami yang tak kalah efektif untuk memutihkan lutut.

Seperti unggahan dari akun TikTok @fahdafay pada 4 Agustus 2020, yang membagikan trik memutihkan lutut gelap pakai 1 jenis rempah dapur. Rempah dapur yang dimaksud adalah kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan madu.

"Cara mencerahkan lutut hitam," katanya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @fahdafay, Selasa (17/10).

Memutihkan lutut gelap pakai 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kunyit merupakan rempah dapur yang umum digunakan untuk memberikan warna kuning pada makanan. Selain sebagai bahan penyedap dan pewarna alami, kunyit ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kulit lho. Tak terkecuali pada area lutut.

Rempah ini ampuh untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati pada lutut dan area lain tanpa efek samping. Hal ini berkat kandungan senyawa kurkumin yang mengurangi dan mengatur produksi melanin berlebih penyebab kulit lutut yang menjadi gelap.

Yoghurt juga merupakan bahan alami yang umum digunakan untuk memutihkan kulit. Kandungan asam laktat pada yoghurt memiliki manfaat baik untuk perawatan kecantikan kulit. Selain itu, yoghurt mengandung probiotik, mineral, dan vitamin B di dalamnya yang nggak cuma baik untuk metabolisme dalam tubuh, tapi juga kesehatan kulit.

Yoghurt banyak dimanfaatkan untuk bahan masker atau lulur karena ampuh dalam membantu menjaga elastisitas kulit dan mencerahkannya, begitupun dengan area lutut yang gelap. Sementara madu, diketahui mampu mencerahkan, melembapkan, dan memutihkan area lutut yang gelap. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin E serta C di dalamnya yang bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan lainnya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES