Trik atasi flek hitam di wajah pakai 1 jenis minuman, autoputih glowing dan bebas noda

Trik atasi flek hitam di wajah pakai 1 jenis minuman, autoputih glowing dan bebas noda

Brilio.net - Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan wajah. Kondisi wajah ini bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, peradangan jerawat, perubahan hormon dan lain-lain.

Bagian yang paling rawan terkena flek hitam adalah wajah. Bintik hitam tersebut tak jarang juga melebar, sehingga seperti membentuk bercak hitam pada wajah.

Flek hitam disebabkan adanya pigmentasi kulit secara berlebihan atau dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, serta rambut.

Makin banyak paparan sinar matahari, makin banyak produksi melanin yang bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pigmen yang berwarna gelap akan membuat kulit terhindar dari risiko lebih lanjut dari paparan sinar matahari. Karena hal itulah tidak sedikit orang yang merasa terganggu karena flek hitam.

Sebagian di antara mereka bahkan sampai merasa frustasi karena susahnya menghilangkan flek hitam tersebut. Namun, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan dari akun TikTok @wulan.0033 pada 1 Mei 2023, yang menggunakan 1 jenis minuman. Minuman yang dimaksud adalah bubuk kopi. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu tomat.

"Flek hitam Muka kusam Hilang cuma pake ini!!", katanya dalam video unggahan yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @wulan.0033, Selasa (3/10).

Atasi flek hitam di wajah pakai 1 jenis minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai bahan minuman yang ampuh mencegah kantuk, kopi ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah mengatasi flek hitam. Kopi merupakan eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan flek hitam di wajah. Hal ini berkat kandungan sulfur di dalamnya.

Kopi juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang berperan untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Sehingga, wajah akan tampak lebih cerah dan bebas kusam.

Tak terkecuali dengan tomat yang menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Bahkan, kandungan antioksidan pada tomat dapat mengatasi flek hitam di wajah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES