Tanpa treatment laser, ini cara pudarkan pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 bahan salad

Tanpa treatment laser, ini cara pudarkan pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 bahan salad

Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki rutinitas kesibukannya masing-masing, ada yang melakukan aktivitasnya di dalam ruangan dan ada juga yang di luar. Nah, bagi orang-orang yang banyak beraktivitas di luar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai masalah kulit, yang disebabkan oleh paparan polusi dan sinar matahari berlebih.

Kondisi ini biasanya menyebabkan kulit menjadi gelap dan tampak kusam. Bisa jadi, masalah kulit ini membuat kamu menjadi kurang percaya diri, terlebih jika mulai muncul pigmentasi pada wajah.

Pigmentasi merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Pigmentasi kulit terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang mengakibatkan warna kulit jadi tidak merata. Produksi melanin tersebut dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, pencemaran lingkungan, gaya hidup, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya.

Namun, tahukah kamu jika pigmentasi juga bisa muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang? Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit luar (epidermis) menipis dan jumlah sel yang mengandung pigmen berkurang (melanosit). Fungsi melanosit adalah melindungi kulit dari kerusakan, termasuk akibat paparan sinar UV matahari.

Ciri-ciri kulit yang menua adalah menjadi lebih tipis, lebih pucat, dan bagian di balik kulit terlihat jelas. Bintik-bintik pigmentasi, disebut bintik-bintik penuaan atau lentigos, juga rentan muncul di area kulit yang sering terpapar sinar UV matahari. Nah, jika mengalami permasalahan ini, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi pigmentasi yang muncul di wajahmu.

Kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan, seperti memakai treatment laser. Perawatan satu ini merupakan metode kecantikan yang kini cukup populer dan efektif untuk atasi bercak gelap, bintik hitam, melasma, atau perubahan kulit lainnya. Nah, salah satu jenis laser yang sering digunakan untuk treatment ini adalah pigmentasi Q-switched.

Cara kerjanya yaitu menggunakan teknologi yang menghasilkan gelombang cahaya intens, kemudian diarahkan secara spesifik pada area kulit yang mengalami pigmentasi. Kemudian sinar laser ini akan menghancurkan pigmen gelap pada lapisan kulit tertentu, sehingga mengurangi keberadaannya atau merangsang proses pengangkatan pigmen ke lapisan kulit yang lebih dalam agar terurai dan hilang dari permukaan kulit.

Proses laser juga dapat merangsang regenerasi sel kulit baru. Hal ini dapat membantu kulit memperbarui dirinya sendiri, meningkatkan produksi kolagen, dan menghasilkan lapisan kulit baru yang lebih merata dalam hal warna dan tekstur.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES