Tanpa putih telur, ini trik hempas komedo dan pori-pori besar hanya dalam sehari pakai 1 jenis minuman

Tanpa putih telur, ini trik hempas komedo dan pori-pori besar hanya dalam sehari pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Pori-pori kulit merupakan kumpulan lubang pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat dari dalam tubuh. Pori-pori kulit berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit. Akan tetapi, pori-pori kulit ini dapat berubah menjadi biang masalah ketika lubang salurannya membesar dari biasanya.

Ya, kondisi pori-pori yang sehat seharusnya hanya terlihat kecil dan samar. Namun begitu, ketika kulit memproduksi sebum (minyak alami kulit) secara berlebihan, hal ini akan membuat pori-pori menyesuaikan ukurannya dengan membesar. Akibatnya, pori-pori yang membesar itu menjadi rentan tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah. Nah, apabila terakumulasi dalam jumlah banyak, gumpalan penumpukan tersebut akan berubah menjadi masalah kulit lain seperti komedo.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, komedo merupakan kondisi tersumbatnya pori-pori kulit oleh gumpalan sebum (minyak alami), sel kulit mati, dan debu. Berdasarkan jenisnya, komedo dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo terbuka memiliki tampilan yang gelap karena paparan udara yang mengoksidasi minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori. Sementara komedo tertutup tidak teroksidasi dan memiliki tampilan yang berwarna putih atau kulit. Bila tidak ditangani dengan baik, komedo berpotensi besar menimbulkan masalah lainnya pada kulit, termasuk di antaranya adalah jerawat.

Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengatasi kedua masalah ini. Salah satunya seperti menggunakan campuran teh hijau, air mawar, kunyit, dan tepung gram sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @beautifulyoutips pada Senin (21/8)

hempas komedo dan pori-pori besar hanya dalam sehari  Instagram

foto: freepik.com

Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol sebagai senyawa antioksidan alami membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

(brl/jad)

tags

STORIES