Tanpa petroleum jelly, cara atasi tangan kering dan kasar ala wanita ini cuma pakai 3 bahan dapur

Tanpa petroleum jelly, cara atasi tangan kering dan kasar ala wanita ini cuma pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Tangan adalah anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk beraktivitas. Tak heran jika tangan jadi gampang kering dan kasar. Memiliki telapak tangan yang kasar memang termasuk kondisi yang wajar, tetapi terkadang kondisi ini membuat sebagian orang merasa tak nyaman.

Telapak tangan yang kering dan kasar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagian besar penyebabnya adalah karena sering terpapar panas, misalnya saat memasak atau melakukan pekerjaan lain. Perubahan cuaca juga bisa berpengaruh dan membuat tangan jadi kering. Menurut studi dari International Journal of Dermatology, paparan cuaca dingin juga bisa menyebabkan telapak tangan menjadi kering.

Selain itu, kebiasaan terlalu sering mencuci dan menggosok tangan, serta tidak cocok produk sabun atau deterjen bisa membuat tangan kasar. Jika terus dibiarkan, telapak tangan juga bisa mengalami kapalan dan kulit yang mengelupas. Bahkan, jika tangan terus-terusan dibiarkan kering, maka kulit tangan juga rentan mengalami dehidrasi dan cepat keriput.

Jika kulit tangan sudah mengalami kekeringan, maka kulit akan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit akan rentan mengalami keriput. Masalah ini juga dapat diperparah jika sudah berusia lanjut, karena produksi sebum seiring bertambahnya usia juga ikut menurun.

Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna mengurangi kondisi kasar dan kering pada kulit tanganmu. Tanpa petroleum jelly, meskipun bahan yang satu ini dikenal mampu melembapkan kulit. Karena ada bahan lain yang tak kalah efektif dari petroleum jelly yang bisa kamu gunakan.

Seperti yang diunggah oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @blendjet pada 2 Desember 2023, yang berisi tentang cara atasi tangan kering dan kasar cuma pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah kuning telur, minyak zaitun, dan madu.

"DIY hand mask for ultimate hydration and silky smooth skin (Masker tangan DIY untuk hidrasi terbaik dan kulit sehalus sutra)," tulis sang wanita sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @blendjet, Senin (11/3).

3 bahan dapur atasi tangan kering dan kasar Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan kuning telur untuk mengatasi kulit kering.

Seperti yang diketahui bahwa telur biasanya dimanfaatkan sebagai lauk atau bahan pembuat kue. Namun, masing-masing bagian telur ternyata juga mengandung beragam manfaat untuk kecantikan lho. Kuning telur kaya akan asam lemak dan vitamin sehingga dapat mengatasi kulit wajah yang cenderung kering sehingga dapat terasa lebih kenyal, lembut, dan terhidrasi secara alami. Tak hanya itu saja, kuning telur juga mengandung antioksidan seperti vitamin E yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini, yaitu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES