Tanpa perlu eye cream, beauty enthusiast ini tunjukkan trik atasi mata panda cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa perlu eye cream, beauty enthusiast ini tunjukkan trik atasi mata panda cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Dampak kurang tidur dalam kehidupan sehari-hari berpengaruh cukup besar bagi kesehatan manusia. Bukan cuma bikin mood berantakan, kurang tidur bisa menyembabkan masalah lain yang berhubungan dengan kulit wajah. Salah satu yang paling terlihat adalah munculnya kantung dan lingkaran hitam di bawah mata.

Makin sering begadang, membuat mata panda atau lingkaran hitam mulai terlihat. Mata panda atau lingkaran gelap di sekitar mata merupakan kondisi di mana area mata mengalami hiperpigmentasi. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya mata panda selain kurang tidur, seperti faktor genetika, penuaan, kebiasaan menatap layar HP, dehidrasi, kebiasaan merokok, paparan sinar matahari atau bahkan faktor alergi.

Proses kemunculan mata panda sendiri dapat melibatkan beberapa proses. Pertama, ada perubahan produksi melanin yang berlebihan sehingga berujung pada penumpukan. Penumpukan tersebut bisa menyebab lingkaran gelap pada area mata. Kedua, mata panda bisa terjadi karena kulit area mata memang cukup tipis sehingga rentan mengalami perubahan warna. Semakin bertambah umur, elastisitas di area kulit berkurang, alhasil pembuluh darah vena terlihat dan menyebabkan bayangan gelap.

Nggak hanya itu, terjadinya pembengkakan atau peradangan di area mata juga menimbulkan lingkaran gelap. Hal ini berasal dari penumpukan cairan di area mata dan terbentuklah mata panda. Nah, untuk mengatasi mata panda, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya, menjaga pola tidur dan hidup sehat. Selain itu, kamu juga perlu merawat mata panda dengan menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C, retinol, maupun peptida sehingga dapat mengurangi lingkaran gelap.

Selain menggunakan skincare, kamu bisa memanfaatkan cara lain yang low budget seperti menggunakan es batu dan mentimun. Seperti yang ditunjukkan oleh beauty vlogger ini dalam mengatasi mata panda. Lantas bagaimana cara menggunakan es batu dan ketimun dalam mengatasi mata panda? Yuk, simak selengkapnya trik atasi mata panda yang dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube @Jemima Livia, Kamis (7/3)

Bisakah es batu membantu atasi mata panda?

trik atasi mata panda cuma pakai 2 bahan dapur  2024 brilio.net

foto: YouTube/@Jemima Livia

Briliobeauty.net melansir dari Healthline, Kamis (7/3), es batu memiliki banyak manfaat untuk wajah seseorang. Salah satunya dapat membantu mengatasi mata panda. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa mata panda dapat terbentuk karena adanya pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata, dengan menggunakan kompres dingin seperti es batu, bisa mengecilkan pembuluh darah yang sebelumnya melebar.

Tak hanya itu, es batu juga membantu meredakan pembengkakan area mata sehingga cukup efektif dalam mengatasi mata panda. Dikutip dari American Academy of Ophthalmology menyarankan agar kamu mengurangi kantung di bawah mata dengan mengoleskan kompres dingin ke area tersebut dengan tekanan ringan selama 15 hingga 20 menit.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES