Tanpa minyak zaitun, ini trik putihkan noda hitam di kaki akibat gigitan nyamuk pakai 1 bubuk minuman

Tanpa minyak zaitun, ini trik putihkan noda hitam di kaki akibat gigitan nyamuk pakai 1 bubuk minuman

Brilio.net - Lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya bisa menimbulkan sejumlah masalah bagi orang yang tinggal di sekitarnya, salah satunya adalah nyamuk yang berkembangbiak dengan baik. Kondisi tersebut membuat rumah menjadi tidak sehat, lantaran gigitan nyamuk ini bisa menimbulkan masalah.

Tidak hanya berkaitan dengan penyakit saja, gigitan nyamuk bisa membuat kulit terasa gatal. Bahkan meninggalkan bekas menghitam yang sulit untuk dihilangkan, terlebih jika hal ini terjadi di area kaki.

Nyamuk adalah serangga yang menyedot darah untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk bertelur. Nyamuk betina yang selalu menggigit manusia dan saat mereka melakukan hal tersebut, nyamuk akan menusukkan probosis (bagian mulut nyamuk) ke kulit untuk menembus pembuluh darah.

Saat probosis berhasil masuk, maka mereka menyuntikkan air liur yang mengandung bahan kimia tertentu ke dalam kulit. Ini berfungsi untuk mencegah darah menggumpal dan memudahkan nyamuk untuk menyedot darah.

Dari proses tersebut menimbulkan sejumlah dampak bagi kulit. Pertama yaitu terjadi reaksi alami dalam tubuh. Sebagai bentuk respon, kulit akan mengalami peradangan sebagai mekanisme pertahanan.

Nah, peradangan ini bisa membuat pembuluh darah di area tersebut menjadi melebar. Oleh karena itu memungkinkan aliran darah dan sel darah putih untuk mencapai area tersebut.

Setelah proses tersebut, sel darah putih atau biasa disebut dengan makrofag menggabungkan melanin dan pigmen kulit dengan sel-sel yang mengalami peradangan. Hal ini menyebabkan melanin menumpuk di area gigitan nyamuk, sehingga menghasilkan bekas luka berwarna hitam atau dikenal dengan hiperpigmentasi post inflamasi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan noda hitam akibat gigitan nyamuk di kaki. Mulai dari menggunakan krim pencerah hingga melakukan perawatan secara rutin dengan bahan alami.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES