Tanpa kunyit dan susu, begini trik bikin wajah putih dan bebas noda hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Tanpa kunyit dan susu, begini trik bikin wajah putih dan bebas noda hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Kondisi wajah yang penuh flek, noda hitam, dan kusam merupakan masalah umum yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Mengingat kondisi iklim dengan paparan sinar matahari tinggi, membuat wajah rentan mengalami berbagai masalah.

Salah satu penyebab flek hitam dan kulit kusam pada wajah muncul karena meningkatnya produksi melanin atau pigmen yang akan menentukan warna kulit seseorang setelah kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Jadi, semakin banyak melanin pada kulit, maka makin gelap juga warna kulit. Secara otomatis kulit juga akan terlihat kusam.

Selain sinar matahari, banyak faktor yang dapat membuat kulit menjadi kusam seperti polusi, sel kulit mati yang menumpuk, dan juga gaya hidup tidak sehat. Tak hanya itu saja, wajah jadi tampak kurang mulus juga terkadang diakibatkan noda hitam bekas jerawat yang sangat membandel. Sehingga, sulit untuk dihilangkan.

Banyak orang yang tidak percaya diri dengan kondisi wajah yang seperti ini. Oleh karenanya banyak orang mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tanpa kunyit dan susu, karena pemilik akun TikTok @natural5550 pada 23 Agustus 2023, justru menggunakan 1 jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah kentang. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda dan minyak vitamin E.

"How to whiten your face (Cara memutihkan wajah)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @natural5550, Rabu (11/10).

Wajah putih bebas noda hitam pakai 1 umbi-umbian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Umbi-umbian yang kerap dijadikan bahan makanan ini, memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, kentang juga bisa menjadi bahan untuk perawatan kulit lho. Salah satu manfaatnya adalah memutihkan kulit yang penuh flek dan noda hitam. Kentang mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Dengan kandungan vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor, kentang juga ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Selain itu, kentang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit berkat kandungan asam azelaicnya.

Sementara itu, baking soda dapat membantu mengangkat sisa minyak di kulit dan mencerahkan kulit kusam. Hal ini karena baking soda memiliki (pH) 9. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan ini termasuk ke dalam golongan basa. Dengan ciri-ciri tersebut, baking soda memiliki khasiat untuk beberapa manfaat kecantikan salah satunya adalah sebagai eksfoliator alami.

Sifatnya sebagai eksfoliator tersebut, dapat membantu mengangat sel kulit mati, dan meregenerasi kulit untuk memudarkan flek dan noda hitam pada wajah yang membandel.

Minyak vitamin E juga umum digunakan sebagai bahan untuk memutihkan wajah. Vitamin E membantu menjaga kulit wajah tetap sehat dan terawat sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah dan bersinar. Hal ini karena sifat antioksidan tinggi dalam vitamin E yang melindungi dari kekusaman kulit. Flek dan noda hitam juga akan memudar dengan pemakaian bahan yang satu ini.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES