Tanpa kentang dan kunyit, ini cara atasi pigmentasi akibat sinar matahari hanya pakai 1 jenis buah

Tanpa kentang dan kunyit, ini cara atasi pigmentasi akibat sinar matahari hanya pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Pigmentasi merupakan kondisi kulit dimana terjadi perubahan warna yang diakibatkan produksi melanin tidak seimbang. Biasanya pigmentasi ini muncul dalam bentuk bintik-bintik gelap, bercak cokelat, dan hiperpigmentasi. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai sumber. Namun yang paling sering dialami oleh sejumlah orang adalah paparan sinar matahari.

Ketika paparan sinar ultraviolet (UV) terkena kulit secara langsung, hal ini bisa meningkatkan produksi melanin dalam kulit yang berlebihan. Melanin akan merangsang aktivitas sel-sel yang menghasilkan melanin, sehingga dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak merata.

Kondisi pigmentasi pada kulit akan lebih terlihat jika hal ini dipengaruhi oleh aktivitas hormon yang meningkat. Terlebih lagi ketika seseorang memasuki fase kehamilan atau penggunaan alat kontrasepsi. Bukan tanpa sebab, perubahan hormon tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar melanin.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan krim yang terbuat dari bahan alami. Biasanya bahan dasar yang sering digunakan untuk mengatasi pigmentasi ini adalah kentang dan kunyit. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Kentang mengandung enzim katalase yang dapat membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Sementara itu, kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencerahkan kulit.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES