Tanpa gel aloe vera, ini trik hempas noda gelap wajah akibat pigmentasi pakai 2 bahan dapur

Tanpa gel aloe vera, ini trik hempas noda gelap wajah akibat pigmentasi pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Baik kalangan remaja maupun dewasa biasanya sering terlibat dalam banyak kegiatan di luar ruangan. Aktivitas tersebut membuat mereka lebih sering terkena paparan sinar matahari yang bercampur dengan polusi. Tanpa perlindungan yang memadai, kondisi ini akan memicu proses hiperpigmentasi atau penggelapan pada kulit, yang salah satunya ditandai dengan munculnya bercak flek hitam yang mengakibatkan ketidakmerataan warna pada kulit.

Tentu saja, pertanyaannya adalah mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat menimbulkan masalah tersebut? Sinar matahari dan polusi memiliki sifat yang tajam dan mampu merusak sel-sel kulit. Kondisi ini mengakibatkan percepatan produksi melanin (pigmen warna) dalam kulit sebagai upaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Dengan begitu, akumulasi melanin di permukaan kulit menjadi penyebab munculnya noda flek hitam.

Tak hanya itu, noda pada wajah juga dapat berasal dari bekas jerawat, seringkali meninggalkan noda hitam, yang disebut PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation). Bekas jerawat ini muncul sebagai respons terhadap kerusakan kulit akibat jerawat, di mana sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kulit membawa melanin berlebih. Akibatnya, jerawat yang sebelumnya dianggap sembuh secara perlahan meninggalkan bekas berwarna kehitaman.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES