Tanpa deodoran, ini cara atasi ketiak bau tak sedap dan gelap pakai lemon dicampur 1 bahan dapur

Tanpa deodoran, ini cara atasi ketiak bau tak sedap dan gelap pakai lemon dicampur 1 bahan dapur

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa ketiak adalah bagian lipatan tubuh yang mudah berkeringat. Karena itulah, ketiak jadi sering muncul bau tak sedap atau yang disebut bau badan. Bau tak sedap ini muncul akibat keringat yang bercampur dengan bakteri. Selain itu, karena gesekan dan sel kulit mati yang menumpuk, ketiak juga rentan menggelap dan bertekstur kasar.

Tak hanya karena gesekan dan sel kulit mati yang menumpuk, ketiak yang gelap juga disebabkan oleh faktor lain, seperti salah mencukur bulu ketiak dan paparan bahan kimia dari deodoran atau antiperspirant. Kulit ketiak yang menggelap seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan orang, apalagi bagi kaum hawa yang dianggap dapat mengganggu penampilan. Padahal seharusnya warna kulit ketiak sama atau tidak jauh berbeda dengan warna kulit di sekitarnya.

Meski bukan kondisi yang berbahaya, namun masalah ketiak bau dan menggelap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Sehingga banyak yang mencari solusi untuk mengatasinya. Mulai dengan memanfaatkan produk skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga bahan-bahan alami. Nah, salah satu produk skincare yang biasa digunakan adalah deodoran.

Deodoran adalah salah satu produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi bau badan dan mengurangi produksi keringat berlebih pada ketiak. Selain mengatasi bau badan yang tidak sedap, saat ini sudah banyak produk deodoran yang mengandung bahan pencerah, sebagai upaya untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Namun sayangnya, kandungan kimia dalam produk deodoran sering kali membuat iritasi kulit bagi beberapa orang.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencerahkan dan menghilangkan bau tak sedap di ketiak. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @fitsehat pada 3 Juni 2023, yang berisi tentang cara atasi ketiak bau tak sedap dan gelap pakai lemon dicampur 1 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah minyak kelapa.

"cara alami menghilangkan bau ketiak dengan ramuan herbal," tulis sang pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @fitsehat, Jumat (15/3).

Atasi ketiak bau tak sedap dan gelap Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan lemon untuk mengatasi bau ketiak dan mencerahkannya secara alami.

Lemon adalah salah satu jenis buah citrus yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satunya yaitu mencerahkan ketiak yang gelap dan menghilangkan bau tak sedap. Dilansir dari Healthline, kandungan asam yang dimiliki air lemon dapat mengangkat pigmentasi di permukaan kulit. Lemon juga memiliki kandungan antiseptik di dalamnya mampu melawan bakteri penyebab bau pada ketiak.

Selain itu, kandungan asam dari buah tersebut juga dapat melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati penyebab ketiak gelap. Kandungan nutrisi pada buah lemon seperti vitamin C dan antioksidan juga dipercaya mampu membantu meregenerasi sel kulit di ketiak sekaligus mengembalikannya menjadi lebih cerah, halus, dan bersih.

Manfaat minyak kelapa untuk mencerahkan ketiak gelap dan berbau.

Minyak kelapa adalah bahan dapur yang memiliki berbagai manfaat terutama bagi kecantikan kulit. Melansir dari Healthline, minyak kelapa merupakan emolien alami yang bisa menjaga dan melindungi kelembapan kulit. Selain itu, minyak alami juga ampuh mencerahkan kulit, memudarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit. Salah satunya adalah ketiak. Ini berkat berbagai kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator. Pasalnya minyak kelapa dapat membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di ketiak. Minyak ini juga bisa menghambat tumbuhnya bakteri akibat produksi keringat berlebih di daerah ketiak.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES