Tanpa campuran lemon, ini trik memudarkan flek hitam akibat penuaan pakai toner dari 1 bunga

Tanpa campuran lemon, ini trik memudarkan flek hitam akibat penuaan pakai toner dari 1 bunga

Brilio.net - Memiliki kulit yang bersih dan cerah menjadi salah satu tolak ukur yang masuk ke dalam kecantikan bagi semua orang. Namun sayangnya, munculnya penuaan dini seperti flek hitam bisa mengganggu penampilan seseorang. Flek hitam atau biasa disebut hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana beberapa bagian kulit tertentu, berubah warna menjadi lebih gelap dari kulit lainnya.

Munculnya flek hitam bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah paparan matahari yang mengandung sinar UV. Jika terkena kulit secara berlebihan, sinar UV bisa merangsang produksi melanin (pigmen alami yang memberikan warna pada kulit). Nah, sinar UV yang menyengat kulit ini bisa merusak sel-sel kulit, sehingga memicu timbulnya flek hitam.

Selain sinar matahari, ketika kulit mulai memasuki proses penuaan secara alami saat usia bertambah, proses regenerasi kulit pun akan melambat. Sehingga sel-sel kulit yang mati atau tua ini akan menumpuk pada permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan muncul flek hitam.

Faktor berikutnya adalah kebiasan merokok dan paparan polusi lingkungan. Diketahui, merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan menghambat proses regenerasi kulit. Sementara itu, adanya paparan polusi lingkungan juga bisa menyebabkan stres oksidatif pada kulit, yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini.

Permasalahan di atas, bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Langkah yang paling penting adalah tak lupa untuk mengaplikasikan sunscreen ketika berkegiatan di pagi ataupun siang hari. Penggunaan sunscreen ini dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan paparan radikal bebas.

Tak hanya sunscreen, kamu juga bisa memudarkan flek hitam dengan rutin melakukan perawatan secara rutin. Kamu bisa memakai produk skincare, termasuk toner dengan kandungan vitamin C, asam kojic, dan retinoid yang bisa merangsang regenerasi sel kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES