Tanpa aplikasikan semir, wanita ini bagikan cara cegah rambut beruban pakai 1 bahan minuman

Tanpa aplikasikan semir, wanita ini bagikan cara cegah rambut beruban pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Ketika melihat seutas rambut putih atau abu-abu di antara helai rambut berwarna hitam, seringkali membuat kamu merasa risau. Lantaran munculnya rambut beruban ini menjadi sebuah tanda terjadinya penuaan pada diri kamu.

Kondisi tersebut biasanya terjadi seiring bertambahnya usia, melanosit di folikel rambut mengalami penurunan aktivitasnya, mengakibatkan produksi melanin yang lebih sedikit atau bahkan berhenti sama sekali. Akibatnya, rambut kehilangan warna dan menjadi abu-abu atau putih.

Kondisi di atas bisa dipicu dengan adanya faktor genetik yang memainkan peran dalam munculnya uban. Gen-gen tertentu dapat memengaruhi kecepatan dan tingkat penurunan produksi melanin, yang mengarah pada munculnya uban pada usia yang lebih muda atau lebih tua.

Nah, pemicu munculnya uban di usia muda biasanya berasal dari stres berlebihan yang dialami seseorang. Tubuh yang stres diyakini dapat mempercepat proses munculnya uban. Hal ini lantaran stres memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan mengganggu produksi melanin.

Selain dipicu dari stres, kekurangan beberapa nutrisi, seperti vitamin B12, yang penting untuk produksi melanin, juga dapat berkontribusi pada munculnya uban lebih cepat. Untuk mencegah munculnya uban di usia muda, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin.

Banyak orang yang melakukan perawatan pada rambut beruban dengan menggunakan semir. Namun penggunaan produk semir rambut secara terus menerus ini bisa bikin rambut rusak, seperti mudah patah dan rontok. Selain itu, produk semir juga bisa menimbulkan alergi bagi penggunanya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES