Tak perlu petroleum jelly, ini trik hilangkan tumit kaki pecah-pecah pakai 1 jenis lilin

Tak perlu petroleum jelly, ini trik hilangkan tumit kaki pecah-pecah pakai 1 jenis lilin

Brilio.net - Seiring beranjak dewasa, kulit seseorang pada dasarnya juga akan semakin sering terpapar pada berbagai aktivitas yang semakin berat. Akibatnya, perubahan pada struktur dan tekstur kulit pun menjadi tidak terhindarkan. Nah, salah satu bagian yang rentan mengalami perubahan kondisi kulit yang drastis tersebut adalah bagian tumit kami.

Masalah utama yang sering terjadi pada tumit kaki adalah kulitnya yang menjadi pecah dan retak-retak. Selain secara umum area tersebut memang kurang diperhatikan dalam hal perawatan kulit, telapak kaki jelas sering terpapar pada tekstur kasar dari permukaan tanah dan lantai, sehingga membuat polusi lingkungan seperti debu dan pasir yang kotor banyak menempel.

Proses ini mengakibatkan kelembapan kulit di tumit kaki yang sedari awal cuma ada sedikit akibat minimnya kelenjar minyak alami menjadi semakin berkurang. Tidak ayal kemudian telapak kaki pun rentan menjadi kering dan berakhir retak dan pecah-pecah.

Tahu nggak sih kalau tidak ditangani segera, kondisi retak pada tumit itu bisa berujung pada luka? Nah, sebelum masalah itu muncul, kamu bisa mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beeswax, minyak almond, dan minyak zaitun sebagaimana diperagakan oleh @tattvalogyin via Instagram, dilansirbriliobeauty.netpada Kamis (5/10).

1 jenis lilin  Instagram

foto: freepik.com

Beeswax atau lilin lebah mengandung vitamin A yang membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan. Selain itu, lilin lebah juga dapat meredakan peradangan pada tumit kaki yang pecah-pecah karena sifat penyembuhan dan pelembap yang luar biasa. Plus, beeswax dapat membentuk lapisan pelindung dan mengunci kelembapan alami pada kulit area tumit, sehingga mengurangi potensi keretakan pada tumit.

1 jenis lilin  Instagram

foto: freepik.com

Minyak almond kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Minyak almond juga memberikan kelembapan yang dalam pada kulit karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan di dalamnya. Hal ini membuat minyak ini efektif dalammembantu menghilangkan kekeringan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, minyak almond memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di sekitar tumit kaki yang pecah-pecah.

1 jenis lilin  Instagram

foto: freepik.com

Minyak zaitun dikenal luas karena khasiatnya dalam merawat kulit. Minyak ini mengandung vitamin E, asam lemak esensial, dan polifenol yang membantu melembapkan kulit secara mendalam. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri yang membantu melindungi kulit dari infeksi. Hal ini membuat minyak zaitun menjadi bahan yang efektif dalam mengatasi masalah tumit kering dan pecah-pecah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES