Tak perlu pedicure, ini trik cegah luka pada tumit kaki kering dan retak pakai 1 ekstrak kacang

Tak perlu pedicure, ini trik cegah luka pada tumit kaki kering dan retak pakai 1 ekstrak kacang

Brilio.net - Kesehatan kulit kaki seringkali menjadi poin yang terabaikan dalam rutinitas perawatan. Padahal, jika tidak diperhatikan dengan baik, berbagai permasalahan dapat timbul. Paling umum munculnya luka dan keretakan pada tumit kaki. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal sebagai fisura - kondisi di mana kulit di sekitar tumit menjadi kering, pecah, dan terkadang terasa sakit.

Fisura kaki dapat berkisar dari masalah ringan hingga lebih serius, tergantung pada tingkat keparahannya. Dalam tahap ringan, kemungkinan tumit kaki hanya akan terlihat mengering dan kasar. Sebaliknya, pada tahap lanjut, kondisi ini bisa berubah menjadi luka dalam dan keretakan kulit yang lebih parah.

Penyebab utama permasalahan tersebut adalah minimnya kelembapan di area kulit. Hal ini dikarenakan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berdiri, hingga berlari pada dasarnya melibatkan proses gesekan pada kulit yang menyebapkan menipisnya lapisan pelindung tumit kaki.

Selain itu, kaki yang secara langsung bersentuhan dengan dasar tanah rentan terpapar pada debu, pasir, hingga panas yang menguapkan kelembapan kulit. Akibatnya, telapak kaki menjadi kering dan perlahan memunculkan masalah serius.

Permasalahan ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami, salah satunya seperti menggunakan campuran shea butter, minyak kelapa, dan beeswax sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (12/10) dari akun Instagram @vedaoils.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES