Tak perlu pakai pore pack, ini trik kecilkan pori-pori wajah untuk cegah komedo pakai 2 bahan minuman

Tak perlu pakai pore pack, ini trik kecilkan pori-pori wajah untuk cegah komedo pakai 2 bahan minuman

Brilio.net - Sebenarnya pori-pori memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan sebum yang dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebihan justru dapat menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar. Perlu diingat, pori-pori wajah membesar ini bisa memicu berbagai masalah kulit. Contohnya, produksi minyak berlebih, munculnya jerawat, hingga komedo.

Tanpa disadari, selama ini pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak, dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sesungguhnya. Selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah membesar juga membuat aplikasi makeup tidak dapat menutup pori-pori dengan sempurna. Meski makeup dianggap dapat menutupi pori-pori wajah, hal ini tidak dapat berlangsung lama.

Pada dasarnya, penyebab pori-pori besar adalah produksi sebum yang berlebihan. Akibatnya, pori-pori wajah membesar untuk mengeluarkan kelebihan sebum. Lubang yang besar tersebut bisa menyebabkan pori-pori tersumbat akibat penumpukan kotoran serta sel kulit mati. Meski bukan hal yang berisiko membahayakan, keberadaan pori-pori besar pada wajah tentu dapat mengganggu penampilan.

Sebenarnya, pori-pori wajah yang besar tidak bisa benar-benar dihilangkan, tapi dengan melakukan perawatan dan kebiasaan yang tepat dapat membantu memudarkan atau menyamarkan tampilannya. Kebanyakan orang akan memilih untuk mengatasi pori-pori wajahnya yang membesar dengan penghilang komedo atau pore pack. Padahal, ada cara yang lebih murah dan tak kalah efektif. Yaitu dengan bahan alami.

Seperti halnya unggahan yang dibagikan akun TikTok @skinbrushblush_official pada 16 April 2023. Dalam video itu, pemilik akun memberikan trik kecilkan pori-pori wajah untuk cegah komedo pakai 2 bahan minuman, yaitu teh hijau dan bubuk kopi. Selain kedua bahan itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt.

"Get rid of large pores, blackheads, whiteheads and dull skin with this amazing DIY mask (Singkirkan pori-pori besar, komedo hitam, komedo putih, dan kulit kusam dengan masker DIY yang menakjubkan ini)," ungkapnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @skinbrushblush_official, Sabtu (8/7).

(brl/ola)

tags

STORIES