Tak perlu madu, ini trik hempas flek hitam membandel di wajah pakai 1 jenis tepung

Tak perlu madu, ini trik hempas flek hitam membandel di wajah pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Flek hitam atau dikenal dengan nama "ephelis" dalam dunia kedokteran merupakan sebutan bagi masalah kulit yang ditandai dengan munculnya kumpulan bintik kecil berwarna coklat kehitaman pada kulit. Masalah flek hitam ini sendiri sangat umum ditemukan di area wajah, namun tidak jarang pula ditemukan di area kulit badan sekalipun. Meskipun tidaklah membahayakan secara medis, flek hitam acap menjadi biang menurunnya kepercayaan diri seseorang terhadap kondisi kulitnya.

Salah satu penyebab utama dari kemunculan flek hitam di wajah adalah sinar UV dari matahari. Hal ini dikarenakan ketika kulit yang terpapar sinar matahari menyerap sinar UV tersebut, hal ini akan menyebabkan produksi melanin sebagai pigmen warna kulit meningkat.

Dalam prosesnya, penumpukan melanin ini akan berbuah menjadi bintik hitam yang muncul di permukaan kulit. Semakin sering bagian wajah terpapar pada sinar matahari, semakin besar tingkat penggelapan dari flek hitam yang dialaminya.

Akan tetapi, kamu nggak usah khawatir kok. Selain kamu harus rajin menggunakan sunscreen sebagai tameng kulit, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif apabila masalah di atas. Caranya bisa kamu lakukan dengan meniru trik sederhana menggunakan tepung beras dan aloe vera sebagaimana ditunjukkan oleh @b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa(29/8).

ini trik hempas flek hitam membandel  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin E, serat, dan mineral berupa magnesium dan zinc. Nutrisi-nutrisi ini memberikan manfaat dalam mengatasi kulit kering dan kusam dengan manfaatnya masing-masing. Vitamin B dan E membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

Serat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Sementara itu, magnesium dan zinc berperan aktif dalam menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit wajah.

ini trik hempas flek hitam membandel  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, aloe vera kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik. Aloin dan aloesin membantu mengurangi produksi melanin dan membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, enzim proteolitik dalam aloe vera berperan penting dalam membantu mengangkat sel kulit mati secara alami, menjaga kelembapan kulit, dan mengurangi peradangan. Seluruh manfaat ini membuat aloe vera secara efektif membantu agar kulit terlihat lebih segar dan cerah.

Salah satu merek aloe vera gel dengan harga yang cukup terjangkau yakni Zoya Aloe Vera. Produk ini mengandung 97% ekstrak aloe vera untuk membuat kulit terasa lembap sepanjang hari. Klik di bawah ini untuk membeli Zoya Aloe Vera di e-commerce.

(brl/pep)

tags

STORIES