Tak perlu laser, ini cara membuat masker untuk atasi bopeng dan komedo pakai 2 bahan alami

Tak perlu laser, ini cara membuat masker untuk atasi bopeng dan komedo pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Masalah kulit yang membuat penderitanya memiliki wajah tak mulus lagi adalah bopeng. Bopeng ditandai dengan cekungan di kulit. Makin banyak bopeng, permukaan kulit akan tampak bergelombang dan terasa kasar. Bekas luka ini umumnya muncul akibat jerawat terutama jerawat batu, cacar air, cedera, luka bakar, atau prosedur operasi.

Bopeng merupakan bagian dari proses alami tubuh untuk menyembuhkan luka. Normalnya, kulit akan memproduksi kolagen guna menguatkan jaringan. Namun, proses ini dapat terjadi secara berlebihan sehingga bopeng pun terbentuk. Meski tidak berbahaya, bekas luka ini bisa mengganggu penampilan, apalagi jika muncul di wajah.

Tak hanya bopeng saja, masalah wajah lain yang juga bisa membuat wajah jadi tak mulus adalah komedo. Komedo adalah bintik-bintik yang muncul di kulit akibat folikel rambut yang tersumbat.

Bintik-bintik ini lebih dikenal dengan blackheads karena permukaannya berwarna hitam. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang terjadi di wajah. Namun, kondisi kulit ini juga dapat muncul di punggung, dada, leher, lengan, dan pundak.

Komedo adalah kondisi yang cukup umum terjadi dan hampir setiap orang mengalami hal ini, terutama remaja di masa pubertas. Hal ini dikarenakan komedo adalah tahap awal dari kemunculan jerawat. Oleh sebab itu, orang yang mengalami masalah jerawat di kulitnya kemungkinan besar memiliki komedo dahulu sebelum berkembang menjadi jerawat.

Kedua masalah tersebut dapat membuat siapapun yang mengalaminya jadi tidak percaya diri. Oleh karenanya, banyak yang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengembalikan kondisi kulit wajah karena bopeng dan komedo. Salah satunya adalah facial treatment hingga laser.

Padahal ada lho cara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu lakukan. Seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @rythaa14 pada (29/5) lalu. Dalam unggahannya, ia membagikan cara membuat masker untuk atasi bopeng dan komedo pakai 2 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah madu dan jeruk nipis.

"masker menghilangkan bopeng & komedo," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rythaa14, Rabu (21/6).

Cara membuat masker untuk atasi bopeng dan komedo pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

STORIES