Tak perlu kentang, ini cara kecilkan pori-pori berminyak agar bebas jerawat pakai 1 jenis minuman

Tak perlu kentang, ini cara kecilkan pori-pori berminyak agar bebas jerawat pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu tipe kulit yang ditandai dengan tingginya produksi minyak alami kulit (sebum) oleh kelenjar minyak kulit. Hal ini menyebabkan rongga pori-pori kulit pun cenderung menjadi lebih besar karena pengeluaran sebum secara terus-menerus. Alhasil, orang yang memiliki tipe kulit ini umumnya terkesan mempunyai wajah yang tidak hanya bertekstur kasar, namun juga memberi kesan kusam dan kotor.

Produksi minyak berlebih di kulit, selain karena faktor genetik, biasanya muncul akibat pengaruhi fluktuasi hormon, kondisi cuaca panas, hingga polusi dan paparan sinar matahari. Faktor-faktor di atas dapat mempengaruhi keseimbangan produksi minyak alami di dalam kulit. Walau memang sebum ini memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan kulit, namun jumlahnya yang terlalu berlebihan justru akan memicu banyak masalah pada kulit.

Salah satu problematika yang sering timbul akibat kondisi di atas adalah jerawat. Hal ini terjadi karena produksi minyak berlebih akan membuat kotoran seperti sel kulit mati dan polusi menempel dengan mudah, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Situasi ini kemudian membuat bakteri dan kuman di dalam kulit terpacu untuk berkembang biak, yang pada akhirnya meningkatkan risiko peradangan dan munculnya jerawat.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES