Tak perlu clay mask, ini trik atasi kulit penuh beruntusan akibat jerawat dengan 1 produk fermentasi

Tak perlu clay mask, ini trik atasi kulit penuh beruntusan akibat jerawat dengan 1 produk fermentasi

Brilio.net - Beruntusan merupakan sebuah istilah masalah kulit yang menggambarkan kondisi ketika terdapat kumpulan bintik putih hingga kemerahan kecil yang menonjol pada kulit, sehingga permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata. Pada wajah sendiri, beruntusan umumnya muncul di sekitar area t-zone (dahi, hidung, dan dagu), namun tidak menutupi kemungkinan terjadinya di area wajah lain. Nah, salah satu penyebab utama dari masalah beruntusan ini adalah jerawat.

Secara sederhana, beruntusan jerawat ini sendiri timbul sebagai hasil dari penumpukan minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri di pori-pori kulit yang tersumbat. Masalah ini sendiri umumnya dipicu oleh gabungan beberapa faktor seperti paparan sinar UV, polusi, perubahan hormon, hingga pola hidup yang tidak sehat yang membuat kulit semakin kotor. Dalam prosesnya, hal ini akan menyebabkan peradangan dan pembentukan benjolan kulit. Akibatnya, munculnya beruntusan dari calon jerawat ini pun menjadi tidak terhindarkan.

Namun begitu, kamu nggak perlu takut kok ketika masalah ini muncul. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan untuk mengatasi problematika beruntusan jerawat ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran yoghurt dan lemon, seperti yang diperagakan oleh @theglobalistagirl melalui Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (12/9).

kulit penuh bruntusan akibat jerawat  Instagram

foto: freepik.com

Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mencerahkan kulit secara bertahap. Selain itu, yogurt juga mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri pada kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu, kandungan asam laktat dalam yogurt juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah, sehingga mengurangi risiko terjadinya jerawat.

kulit penuh bruntusan akibat jerawat  Instagram

foto: freepik.com

Lemon kaya akan komponen vitamin C yang membantu merangsang produksi kolagen sehingga dapat meregenerasi kulit yang rusak akibat jerawat. Sementara itu, sifat astringen ekstrak lemon membantu mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Ekstrak lemon juga memiliki sifat pemutih alami yang membantu mengurangi bekas jerawat pada kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES