Tak perlu beli acne patch, ini trik atasi wajah penuh jerawat dan bekasnya pakai 1 bahan pemanis

Tak perlu beli acne patch, ini trik atasi wajah penuh jerawat dan bekasnya pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Kulit yang kotor tidak hanya membuat wajah terlihat jelek, namun juga mengundang banyak masalah. Salah satu problematika yang sering muncul akibatnya adalah jerawat. Hal ini terjadi karena kotoran yang menempel di kulit berpotensi besar menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga menjadi tempat ideal bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Dalam prosesnya, hal ini kemudian akan menimbulkan peradangan di dalam kulit yang membentuk jerawat.

Apabila tidak ditangani dengan baik, peradangan jerawat jelas dapat mengakibatkan berbagai konsekuensi negatif lainnya bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah risiko berkembangnya jerawat tersebut menjadi luka yang meninggalkan bekas. Bekas jerawat ini sendiri biasanya muncul dalam 2 bentuk, antara bekas hitam (PIH/post-inflammatory hyperpigmentation) atau bekas kemerahan PIE (post-inflammatory erythema).

PIH muncul sebagai respons kulit dalam meregenerasi jaringan yang rusak akibat jerawat. Proses ini sendiri kemudian dapat membawa melanin berlebih, sehingga menyebabkan munculnya noda gelap. Sementara itu, PIE atau bekas kemerahan terjadi akibat adanya pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat jerawat meradang, sehingga memicu timbulnya bercak-bercak kemerahan tanda iritasi.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES