Tak pakai lidah buaya, ini cara membuat scrub untuk hidrasi kulit kering dengan 1 jenis bahan pemanis

Tak pakai lidah buaya, ini cara membuat scrub untuk hidrasi kulit kering dengan 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Selain masalah kulit berminyak, ternyata kulit kering juga dapat membuat penderitanya cukup resah. Pasalnya, jenis kulit ini akan berdampak pada kesehatan kulit bahkan penuaan dini. Kulit kering adalah kondisi ketika permukaan kulit terasa kasar, pecah-pecah, dan mudah mengelupas. Kondisi ini bisa terjadi pada kulit wajah, tangan, maupun kaki.

Penyebab kulit kering beragam, ada yang disebabkan faktor cuaca hingga usia. Kulit kering yang terus-menerus berulang dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan eksim bahkan hingga infeksi. Kulit kering ditandai dengan kondisi mengelupas, memerah, bersisik, dan gatal.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, kekurangan nutrisi, paparan iritan, air yang terkontaminasi, cara mandi yang tidak tepat atau berlebihan, maupun keluhan medis tertentu. Menurut penelitian tahun 2020 dalam Journal of Dermatological Treatment, perawatan kulit secara konsisten bisa mengatasi kulit kering. Bila dilakukan dengan benar, kulit kering dapat sembuh dengan sendirinya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan perawatan dengan menggunakan pelembap yang tak hanya mampu melembapkan namun juga menghidrasi kulit. Tak hanya pakai lidah buaya, karena ternyata ada bahan alami lain yang bisa menghidrasi kulit. Seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @lifeoftm pada 16 Mei 2023.

Dalam unggahan berdurasi 32 detik itu, pemilik akun membagikan cara membuat scrub untuk menghidrasi kulit kering dengan 1 jenis bahan pemanis. Bahan pemanis yang digunakan adalah gula pasir. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan shower gel favorit.

"3 ingredient diy hydrating sugar scrub (3 bahan DIY scrub gula yang menghidrasi)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @lifeoftm, Selasa (1/8).

Scrub untuk hidrasi kulit kering pakai 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dengan teksturnya yang kasar, gula juga bisa dijadikan sebagai scrub alami untuk mengeksfoliasi kulit. Dengan menjadikan gula sebagai scrub alami, kamu bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi tampak lebih bersih dan halus. Selain itu, gula pasir juga ternyata dapat digunakan untuk menghidrasi kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES