Tak pakai kunyit, ini trik cerahkan kulit dari gangguan flek hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Tak pakai kunyit, ini trik cerahkan kulit dari gangguan flek hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Flek hitam merupakan sebuah kondisi dimana beberapa bagian wajah dipenuhi titik-titik pigmentasi yang menyebabkan warna kulit di bagian tersebut lebih gelap dibandingkan bagian lainnya. Kondisi ini umumnya disebabkan paparan sinar matahari.

Paparan sinar UV terutama UVB dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna kulit. Akibatnya, produksi melanin berlebihan ini pun akan berbuah menjadi gangguan flek hitam.

Selain ditimbulkan paparan sinar matahari, flek hitam di wajah juga dapat diperparah masalah kulit lain seperti jerawat. Hal ini dikarenakan jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan, atau dalam istilah medis dikenal dengan PIH. Bekas jerawat dikarenakan proses peradangan, sehingga jaringan kulit. Sel-sel kulit baru kemudian tumbuh untuk memperbaiki kerusakan. Proses ini dapat mengandung melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit.

Bagi beberapa orang, mengatasi masalah kulit wajah di atas dapat menjadi hal yang sulit terutama jika dikaitkan dengan ketidaktahuan akan produk yang cocok. Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sederhana berupa kentang dan tepung beras sebagaimana diperlihatkan oleh akun Instagram @anubeauty.tips, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (16/8).

Manfaat bahan yang digunakan

dari gangguan flek hitam  Instagram

dari gangguan flek hitam
freepik.com

Kentang adalah sejenis umbi-umbian yang penuh akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan zat antioksidan. Gabungan senyawa ini tidak hanya dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, namun juga efektif dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, kentang juga merupakan bahan alami yang bagus untuk menutrisi kulit dan memberikan kecerahan alami sehingga dapat memudarkan flek hitam.

dari gangguan flek hitam  Instagram

dari gangguan flek hitam
freepik.com

Tepung beras memiliki banyak komponen yang mencakup vitamin B, protein, dan mineral seperti magnesium dan seng. Bentuk butiran halus tepung beras secara alami bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga efektif dalam mencerahkan kulit. Selain tu, kandungan di atas juga membuat tepung beras efektif mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga mengurangi risiko kulit menjadi kotor secara berlebih.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES