Tak pakai gel aloe vera, ini trik jaga kelembapan di wajah yang cepat kering pakai 1 jenis biji-bijian

Tak pakai gel aloe vera, ini trik jaga kelembapan di wajah yang cepat kering pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Menjaga kelembapan kulit merupakan salah satu langkah kunci untuk mencapai kulit sehat. Hal ini dikarenakan kelembapan kulit menjadi faktor penting dalam menjaga lapisan pelindung alami (skin barrier). Skin barrier yang kuat tentunya bakal lebih efektif melindungi kulit dari bahaya paparan eksternal sekaligus mengurangi potensi munculnya masalah kulit dari dalam.

Sayangnya, tipe kulit kering lebih sulit untuk menjaga kelembapan alami, karena tipe kulit ini cenderung kehilangan kelembapan pada lapisannya secara cepat. Penyebabnya adalah minimnya komponen hidrasi alami dalam kulit. Biasanya, orang yang memiliki tipe kulit ini sering merasa tidak nyaman seperti rasa tertarik, kemerahan, dan gatal-gatal akibat iritasi di kulit mereka.

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya masalah kulit kering ialah dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan bagi kondisi tubuh yang kekurangan cairan sehingga kehilangan kelembapan alaminya. Dehidrasi kulit sendiri tidak hanya disebabkan oleh minimnya konsumsi air, namun juga dipicu oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang memiliki efek merusak skin barriersekaligus mempercepat penguapan atas kelembapan alami kulit.

Dari penjelasan di atas, maka sudah jelas kalau menjaga kelembapan menjadi salah satu hal yang penting dalam rangkaian perawatan kulit? Kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami berkhasiat salah satunya menggunakan bahan dasar berupa flaxseed yang dicampur susu dan madu, sebagaimana ditunjukkan oleh @manpreetmannii melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (20/9).

wajah yang cepat kering  Instagram

foto: freepik.com

Flaxseed, atau biji rami, merupakan sumber asam lemak omega-3, serat, vitamin E, dan antioksidan yang tinggi. Komponen asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga keseimbangan lipid pada kulit sehingga meningkatkan kelembapan dan kehalusannya. Sementara itu, kandungan serat pada flaxseed merupakan bahan yang efektif dalam meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit. Plus, senyawa vitamin E di dalamnya juga merupakan antioksidan yang baik dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar UV.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES