Tak hanya kunyit, ini trik bikin wajah bebas komedo dan jerawat pakai 1 produk fermentasi

Tak hanya kunyit, ini trik bikin wajah bebas komedo dan jerawat pakai 1 produk fermentasi

Brilio.net - Komedo merupakan istilah untuk menggambarkan terjadinya penyumbatan kulit akibat penumpukan kotoran di rongga pori-pori, menghasilkan bintik-bintik kecil yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi tidak merata. Komedo biasanya muncul dalam 2 bentuk utama, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam).

Sementara itu, jerawat dapat dikatakan sebagai komedo yang meradang. Jerawat terbentuk akibat kotoran yang tersumbat tadi bereaksi dengan bakteri dan kuman di dalam kulit. Reaksi ini kemudian akan memicu kulit melepaskan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien yang memberi efek radang dan pedih. Dalam prosesnya, akan terjadilah pembengkakan kulit oleh darah dan nanah, yang dikenal sebagai jerawat tadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kesehatan pori-pori menjadi salah satu poin kunci untuk menghadapi masalah komedo dan jerawat. Pasalnya, pori-pori yang secara konstan dalam keadaan terbuka akibat produksi sebum berlebih akan kotoran mudah menempel di kulit. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, maka pori-pori akan rentan tersumbat dan akhirnnya menimbulkan kedua problematika di atas.

Untuk mengatasi masalah ini, maka penting agar bagaimana pori-pori kulit selalu berada dalam keadaan bersih dan rapat. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif mengatasinya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES