Tak dicampur buah delima, ini cara mengatasi bibir yang menghitam agar auto cerah pakai 1 bahan dapur

Tak dicampur buah delima, ini cara mengatasi bibir yang menghitam agar auto cerah pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Sebagai salah satu bagian yang menonjol pada wajah, bibir rentan terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sementara, sinar matahari terdiri dari dua jenis yaitu UVB dan UVA, yang bisa memengaruhi kesehatan kulit. Radiasi UVB memiliki energi yang lebih tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan langsung pada DNA kulit, sedangkan radiasi UVA memiliki energi yang lebih rendah tetapi dapat menyebabkan kerusakan lebih dalam pada kulit.

Paparan sinar UV dapat merusak kolagen, protein struktural dalam kulit, yang bertanggung jawab untuk kekencangan dan kekenyalan kulit. Selain itu, paparan sinar matahari dapat merangsang produksi melanin, pigmen kulit yang memberikan warna gelap pada kulit sebagai respons terhadap kerusakan akibat radiasi UV. Kombinasi kerusakan kolagen dan peningkatan produksi melanin dapat menyebabkan penggelapan pada bibir.

Tak hanya itu, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan dehidrasi pada bibir. Sinar UV dapat mengurangi kadar air dalam lapisan kulit, sehingga bibir menjadi kering dan rentan terhadap pengelupasan. Bibir yang kering lebih cenderung mengalami penggelapan warna karena hilangnya kelembapan alami.

Walaupun begitu, kondisi bibir yang menghitam ini bisa menjadi cerah dan merah merona kembali. Caranya yaitu dengan rutin melakukan perawatan dengan menggunakan scrub yang terbuat dari bahan alami, seperti tepung beras, terigu, dan tomat.

Bahan-bahan dapur di atas, tidak hanya berguna untuk masakan saja. Melainkan mempunyai sejumlah manfaat untuk kecantikan bibir dan kulit. Tepung beras memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari bibir. Hal ini dapat membantu mengembalikan kecerahan alami bibir. Kandungan lembut tepung beras dapat membantu meratakan tekstur kulit bibir, membuatnya terasa lebih halus dan lembut.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES