Tak cuma madu, wanita ini bagikan cara atasi bibir kering dan gelap dengan tambahan 1 bahan alami

Tak cuma madu, wanita ini bagikan cara atasi bibir kering dan gelap dengan tambahan 1 bahan alami

Brilio.net - Permasalahan bibir yang paling umum dialami kebanyakan orang adalah kering dan gelap. Kedua kondisi ini tentu saja dapat mengganggu kecantikan wajah dan menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, kondisi bibir kering juga akan lebih mudah terluka dan menimbulkan rasa sakit.

Jika kondisi ini tak segera diatasi, maka bisa menyebabkan infeksi pada bibir. Pada dasarnya, bibir kering dan gelap bukanlah masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini biasa terjadi terutama jika seseorang memiliki kebiasaan menjilat dan menggigit bibir. Selain itu penggunaan produk yang mengiritasi dan membuat bibir kering, seperti lipstik berbahan kimia tanpa kandungan pelembap yang cukup, maka akan rentan bikin bibir kering dan menggelap.

Bibir kering dan gelap juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Seperti dehidrasi, terlalu sering terpapar sinar matahari, jarang melakukan eksfoliasi bibir, perubahan cuaca, hingga faktor puasa yang menyebabkan kurangnya cairan tubuh. Untuk mencegah bibir kering selama berpuasa, penting untuk memastikan asupan cairan yang cukup saat berbuka puasa dan sahur.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein atau gula. Pasalnya, jenis minuman tersebut dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkannya. Hal inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dibandingkan bagian kulit lainnya.

Kamu bisa menjaga pola makan dan minum yang lebih sehat serta menggunakan pelembap bibir yang baik. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menambah kelembapan bibir sekaligus mencerahkannya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES