Tak cuma lemon, ini trik mudah ratakan warna kulit belang di kaki pakai 1 jenis buah

Tak cuma lemon, ini trik mudah ratakan warna kulit belang di kaki pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kegiatan luar lapangan membuat paparan sinar matahari tidak hanya membakar kulit area wajah dan tangan saja, namun juga kulit di area kaki. Kondisi ini menyebabkan kulit kaki menjadi belang dan tampak tidak merata warnanya. Ini terjadi karena sinar matahari bisa merangsang produksi melanin pada kulit. Lama kelamaan melanin ini menumpuk dan menyebabkan kulit belang di beberapa bagian.

Selain disebabkan paparan sinar matahari yang berlebihan, warna kaki tidak merata ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan, yang memicu produksi melanin berlebihan. Kondisi ini biasanya terjadi pada keadaan tertentu, seperti eksim, dermatitis, dan infeksi jamur. Kemudian, bekas luka seperti luka bakar atau gores mampu menyebabkan perubahan warna kulit. Dalam keadaan ini biasanya proses penyembuhan dapat melibatkan produksi melanin yang berlebihan.

Untuk mengatasi kulit belang ini, kamu bisa rutin melakukan perawatan dengan scrub. Kamu bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kulit jeruk, gula pasir, dan rosemary. Dikutip briliobeauty.net dari hindustantimes.com, Minggu (21/1) kulit jeruk kaya akan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan. Vitamin C ini dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Sedangkan gula pasir berfungsi sebagai agen eksfoliasi alami. Kandungan butiran kasar gula dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meratakan permukaan kulit, dan meningkatkan sirkulasi darah. Bahan yang terakhir yaitu ada rosemary. Tanaman satu ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan, seperti asam rosmarinic dan farnesol. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES