Tak cuma garam, ini cara atasi gigi kuning berkarang agar kembali putih pakai tambahan 2 bahan dapur

Tak cuma garam, ini cara atasi gigi kuning berkarang agar kembali putih pakai tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Gigi yang putih dan mulut bebas bau tak sedap dapat menambah kepercayaan diri. Gigi putih menjadi idaman banyak orang karena merupakan cerminan dari kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Namun sayangnya, banyak faktor yang justru membuat gigi jadi tampak menguning dan berkarang.

Seperti namanya, gigi kuning adalah kondisi saat warna alami gigi berubah jadi lebih kuning. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebiasaan minum kopi atau teh, malas menyikat gigi, merokok, efek penuaan, serta penumpukan plak dan karang pada gigi.

Karang gigi disebabkan oleh plak yang dihasilkan oleh makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Bakteri yang terus menumpuk dari bekas makanan dan minuman tersebut akan hidup di mulut dan terus berkembang biak sampai menghasilkan asam. Jika dibiarkan lebih lama, asam yang dihasilkan oleh penumpukan bakteri tersebut akan merusak jaringan enamel gigi yang berujung pada kerusakan gigi.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Bahkan bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Kondisi ini juga akan menyebabkan gigi yang terasa sakit dan mudah berdarah. Karang di gigi akan membuat plak lebih luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket sehingga memicu penyakit yang lebih serius seperti radang gusi.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES