Senyum tampak glowing, begini trik cerahkan gigi kuning akibat pewarna makanan pakai 3 bahan rempah

Senyum tampak glowing, begini trik cerahkan gigi kuning akibat pewarna makanan pakai 3 bahan rempah

Brilio.net - Mempunyai senyuman yang indah dan gigi putih bebas noda kuning merupakan dambaan bagi semua orang. Namun sayangnya, ada beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Minuman seperti kopi, teh, dan soda dapat meninggalkan pigmen pada lapisan email gigi. Maka dari itu, bisa membuat gigi terlihat lebih kuning dari warna aslinya.

Di sisi lain, kandungan asam pada makanan, seperti lemon dan jeruk bisa mengikis lapisan email gigi seiring berjalannya waktu. Nah, ketika lapisan email terkikis, lapisan dentin yang berwarna kuning bisa terlihat dengan jelas. Bahkan makanan yang tinggi lemak, seperti daging merah, saus berlemak, dan makanan yang berminyak dapat meninggalkan residu pada gigi. Kondisi tersebut dapat mempercepat proses untuk gigi berubah warna menjadi kuning.

Walaupun cukup mengganggu penampilan, kamu tidak perlu khawatir. Kondisi gigi kuning ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melakukan perawatan baik yang dilakukan di klinik gigi ataupun di rumah. Untuk melakukan perawatan di rumah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dari beberapa jenis rempah, seperti cengkeh, cinnamon, dan bubuk triphala

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang di dalamnya terdapat sifat antimikroba dan antiinflamasi. Semua kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi. Sementara itu, bubuk kayu manis ini mengandung senyawa antioksidan, antijamur, dan bakteri. Kandungan tersebut membantu mencerahkan gigi secara alami. Bahkan kayu manis juga dapat mengatasi gigi iritasi.

Lalu bahan berikutnya adalah bubuk triphala. Bahan rempah yang satu ini merupakan campuran tiga herbal dalam pengobatan Ayurveda, yaitu amla, haritaki, dan bibhitaki. Nah, kombinasi antara ketiga bahan tersebut bisa menghilangkan noda kuning pada gigi.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES