Pakai 1 jenis rempah, begini trik cepat hilangkan bekas luka di tangan dan kaki nggak sampai 1 bulan

Pakai 1 jenis rempah, begini trik cepat hilangkan bekas luka di tangan dan kaki nggak sampai 1 bulan

Brilio.net - Luka yang timbul di tangan dan kaki tidak hanya memberikan rasa nyeri saja. Namun jika luka tersebut sudah mengering, tak memungkiri jika hal itu bisa meninggalkan bekas yang cenderung menghitam ataupun kecokelatan.

Tidak hanya itu, yang menjadi permasalahan utama adalah bekas luka tersebut cenderung sulit untuk dihilangkan. Sudah pasti, kondisi tersebut bisa mengganggu penampilan, terlebih lagi bagi seseorang yang suka mengenakan pakaian pendek. Bekas luka pada tangan dan kaki akan terlihat dengan jelas jika dipandang.

Nah, bekas luka yang menghitam ini bisa terjadi karena proses alami dari penyembuhan kulit yang biasa dikenal dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Dalam kondisi tersebut, kulit yang mengalami luka akan melepaskan sel-sel pertahanan dan sistem kekebalan yang berguna memperbaiki jaringan rusak.

Ketika proses penyembuhan tersebut berlangsung, produksi melanin dalam kulit ini bisa meningkat. Hal ini lantaran respon terhadap peradangan yang terjadi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, seperti produksi melanin yang berlebihan dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Faktor paparan sinar matahari ini dapat memperburuk hiperpigmentasi pasca inflamasi. Adanya sinar UV ini dapat merangsang produksi melanin sehingga dapat menyebabkan bekas luka semakin gelap.

Solusinya untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini kamu bisa menggunakan masker dari satu jenis rempah yaitu cinnamon powder atau kayu manis. Bahan alami yang satu ini mengandung antimikroba yang bisa melawan bakteri dan mikroorganisme penyebab infeksi pada luka.

Kandungan tersebut juga bisa membantu proses penyembuhan. Lalu, adanya sifat antiinflamasi bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES