Nggak perlu masker charcoal, ini cara rapatkan pori-pori besar akibat komedo pakai 3 bahan dapur

Nggak perlu masker charcoal, ini cara rapatkan pori-pori besar akibat komedo pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Ada berbagai masalah kulit wajah yang dapat membuat kebanyakan orang jadi kurang percaya diri. Salah satunya adalah pori-pori besar. Sebetulnya pori-pori adalah komponen penting yang berperan sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit, yang akan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Meski memiliki fungsi penting, terkadang pori-pori wajah juga bisa tersumbat oleh kotoran dan menyebabkan ukurannya menjadi lebih besar dari ukuran semestinya. Beberapa kotoran yang menyumbat pori-pori di antaranya adalah sel kulit mati, debu, polusi, sisa makeup, hingga radikal bebas lainnya. Kotoran tersebut akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab pori-pori jadi tampak besar.

Kotoran yang menyumbat pori-pori juga disebut dengan komedo. Komedo akan membuat wajah tampak kusam, bertekstur, dan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat yang meradang jika bercampur dengan bakteri. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan wajah sebagai upaya untuk merapatkan pori-pori besar sekaligus mencegah munculnya komedo. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kulit wajah yang lain.

Banyak orang yang memanfaatkan masker charcoal untuk membersihkan komedo di kulit wajah penyebab pori-pori besar. Skincare ini memang efektif untuk mengangkat berbagai kotoran dan minyak berlebih di wajah, namun penggunaan yang terlalu sering dapat membuat wajah jadi terasa kering. Solusi lainnya, kamu bisa menggunakan bahan alami lain, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @uss.healthy.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES