Nggak perlu krim antiacne, begini trik atasi jerawat dan beruntusan pakai masker dari 1 jenis tepung

Nggak perlu krim antiacne, begini trik atasi jerawat dan beruntusan pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Jerawat memang masih menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu. Keluhan mengenai tumbuhnya jerawat dapat dialami oleh siapa saja, walaupun lebih sering terjadi pada remaja masa pubertas. Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan.

Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat.

Penyumbatan sebum dan kotoran pada pori-pori juga menyebabkan munculnya beruntusan. Kulit beruntusan ditandai dengan benjolan-benjolan kecil pada kulit, sehingga tekstur kulit menjadi kasar dan tidak rata. Beruntusan pada wajah biasanya disertai rasa gatal atau ruam kemerahan. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh beberapa hal, seperti jerawat, milia, komedo, atau kulit kering.

Meski jerawat dan beruntusan tidak menular dan berbahaya, perawatan kulit tetap diperlukan guna mengatasi atau mencegah kedua masalah tersebut muncul kembali sehingga kulit kembali mulus dan bersih. Tak perlu membeli krim antiacne dengan kandungan kimia didalamnya, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat dan beruntusan.

Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @vanisaflo pada 24 Agustus 2020. Unggahan tersebut berisi tentang trik atasi jerawat dan beruntusan pakai masker dari 1 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung beras. Selain tepung beras, ia juga menambahkan bahan lain yaitu ampas teh dan madu.

"Bye bye jerawat dan beruntusan," katanya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @vanisaflo, Jumat (4/8).

Atasi jerawat dan beruntusan pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES