Nggak perlu ke dokter, begini trik atasi varises di kaki hanya pakai 1 bahan rempah

Nggak perlu ke dokter, begini trik atasi varises di kaki hanya pakai 1 bahan rempah

Brilio.net - Masalah pada kulit kaki tidak hanya berkaitan dengan kulit kering dan tumit pecah-pecah saja. Namun varises juga kerap menghantui sejumlah orang. Kondisi yang satu ini cukup mengganggu bagi penampilan, lantaran varises menimbulkan warna keunguan atau biru yang terlihat jelas di permukaan kulit. Kondisi ini disebabkan pembuluh darah vena di kaki yang mengalami pembesaran dan melengkung.

Dalam kondisi ini katup dalam vena kaki tidak berfungsi dengan baik. Normalnya, katup tersebut membantu mengarahkan aliran darah ke arah jantung. Ketika katup mengalami kerusakan, darah yang seharusnya mengalir ke arah jantung, justru mengumpul di vena. Kondisi tersebut lah yang menyebabkan kaki mengalami pembengkakan dan pembesaran.

Nah, biasanya varises ini terjadi karena disebabkan beberapa faktor. Kehamilan, pada kondisi ini terjadi perubahan hormon dan mengalami peningkatan tekanan pada vena akibat kandungan yang berkembang. Selain itu, obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi salah satu penyebab varises terjadi.

Sementara itu, varises pada kaki ini biasanya muncul dengan beberapa gejala. Pertama yaitu terjadinya pembengkakan atau nyeri pada kaki. Lalu, kaki sering merasa kelelahan dan berat. Ketiga terjadi kram otot pada malam hari dan gatal. Keempat yaitu terjadinya perubahan warna kulit.

Lantas bagaimana cara mengatasi varises pada kaki? Masalah yang satu ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang melibatkan tenaga profesional atau dokter. Namun selain, cara tersebut kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dengan melakukan perawatan secara alami yaitu menggunakan satu bahan rempah yaitu jahe.

Bahan yang biasa digunakan untuk bahan minuman atau makanan ini memiliki beberapa sifat antiinflamasi dan meningkatkan sirkulasi darah. Adanya sifat-sifat tersebut membuat jahe ini dapat mengatasi rasa nyeri dan peradangan pada kulit. Di sisi lain, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya pembentukan gumpalan darah. Adanya kandungan berupa antioksidan bisa melawan stres oksidatif dalam tubuh.

Lalu, adanya bahan tambahan seperti bawang putih dengan sifat antiinflamasinya dan antitrombotik bisa mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Di sisi lain, minyak zaitun atau olive oil ini berguna mengurangi gejala varises, hal ini lantaran adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES