Nggak jadi kilang minyak, ini cara atasi pori-pori besar pakai facial alami dari 1 jenis buah

Nggak jadi kilang minyak, ini cara atasi pori-pori besar pakai facial alami dari 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu dari beberapa tipe kulit dan seringkali menjadi sumber masalah yang dimiliki oleh banyak orang. Tipe kulit ini didasarkan pada sifat kulit yang terlihat memproduksi sebum secara berlebihan oleh kelenjar minyak kulit, sehingga membuat kulit terlihat greasy, kusam, dan kotor. Akibatnya, pori-pori kulit pada tipe ini juga cenderung menjadi lebih besar karena mengeluarkan sebum secara terus-menerus.

Meskipun pada dasarnya produksi sebum adalah normal untuk menjaga kelembapan alami kulit, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mengapa terjadi produksi secara berlebihan. Hal-hal seperti faktor fluktuasi hormon, stres, kondisi cuaca panas dan lembap, hingga polusi dan paparan sinar matahari dalam prosesnya dapat mempengaruhi keseimbangan produksi minyak alami kulit tadi. Apabila tidak ditangani dengan baik, kulit tipe ini dapat menjadi rentan tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang bisa memicu jerawat serta komedo.

Namun begitu, kamu yang dihadapkan pada masalah ini nggak perlu bingung kok. Selain akses ke berbagai produk perawatan kulit secara khusus dari brand-brand skincare di luar sudah cukup mudah, kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan alami seperti buah-buahan sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif lho. Salah satu caranya dibagikan oleh @beautycarefacts di Instagram yang dilansir brilobeauty.net pada Jumat (7/7) yang memanfaatkan bahan-bahan alami berupa buah tomat, bubuk kunyit, dan air mawar.

Nggak jadi kilang minyak  Instagram

foto: freepik.com

Buah tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan likopen, vitamin C, dan antioksidan. Likopen dalam tomat bekerja dengan membantu melindungi kulit dari kerusakan eksternal dan meredakan peradangan. Sementara itu, vitamin C merupakan bahan aktif penting yang membantu memperbaiki dan memperkuat kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Plus, antioksidan dalam tomat juga berperan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Nggak jadi kilang minyak  Instagram

foto: freepik.com

Sementara itu, bubuk kunyit yang acap digunakan sebagai bahan masak ini memiliki senyawa kurkumin dalam jumlah yang banyak. Senyawa ini sendiri telah dibuktikan memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri dimana kurkumin bekerja membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bubuk kunyit juga dapat membantu menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit.

Nggak jadi kilang minyak  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, air dari ekstrak mawar memiliki sifat dasar antiseptik dan astringen. Kedua sifat ini membuat air mawar secara efektif membantu mengurangi peradangan dan meminimalisir kulit yang berminyak dengan cara mengencangkan pori-pori. Plus, air mawar sendiri juga memberikan efek segar ketika diaplikasikan pada kulit lho.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES