Mulus dan cerah tanpa lemon, begini cara memudarkan flek hitam dan wajah kusam pakai 1 jenis rempah

Mulus dan cerah tanpa lemon, begini cara memudarkan flek hitam dan wajah kusam pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Flek hitam umumnya muncul sebagai salah satu tanda penuaan pada kulit. Namun nyatanya, flek hitam juga bisa dialami oleh anak-anak dan remaja, loh. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi. Selain faktor penuaan, flek hitam juga muncul karena beberapa faktor lain. Seperti paparan sinar matahari yang terus-menerus, polusi, gaya hidup, dan perubahan hormonal.

Flek hitam sendiri merupakan bercak-bercak hitam kecokelatan yang muncul pada beberapa area tubuh. Biasanya kondisi ini banyak dialami pada area wajah. Sehingga menyebabkan wajah kusam dan warnanya tidak merata. Pantas saja dapat menurunkan kepercayaan diri.

Hiperpigmentasi ini muncul sebagai respon alami kulit saat terpapar radikal bebas, dengan cara memproduksi melanin yang berlebihan. Melanin ini lah yang akan menghasilkan bercak-bercak kehitaman di beberapa area kulit. Meski tidak berbahaya untuk kesehatan, namun flek hitam dapat mengganggu penampilan.

Tak heran banyak orang mencari cara untuk memudarkan flek hitam untuk mendapatkan wajah yang mulus. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Mulus dan cerah tanpa lemon, karena pemilik akun TikTok @kadekintanpratiwi pada 17 Juli 2020, justru memakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"Mengatasi munculnya Noda hitam di wajah dgn masker Kunyit," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kadekintanpratiwi, Rabu (29/11).

Memudarkan flek hitam dan wajah kusam Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin, antioksidan, dan kurkumin didalamnya. Kandungan antioksidan dalam kunyit dipercaya mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam. Bahkan kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat memudarkan flek hitam dan noda bekas jerawat.

Tak terkecuali dengan madu yang juga dipercaya dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Kandungan gula yang tinggi pada madu dapat menjadi eksfoliator kulit. Hal ini juga berkat kandungan antioksidan dan vitamin didalamnya. Madu juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu, bisa membantu menghambat proses hiperpigmentasi di kulit yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan polusi udara.

Memudarkan flek hitam dan wajah kusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@kadekintanpratiwi

Kedua bahan ini bisa kamu olah menjadi masker wajah yang efektif untuk memudarkan flek hitam sekaligus mencerahkan wajah kusam. Penggunaan yang rutin akan membuat wajahmu mulus dan cerah merata. Begini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1/2 sendok makan bubuk kunyit
2. 1-2 sendok makan madu

Memudarkan flek hitam dan wajah kusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@kadekintanpratiwi

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh (hindari area mata)
5. Diamkan selama 10 menit atau hingga kering
6. Bilas menggunakan air hangat
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

@kadekintanpratiwi Tips kulit mulus #tipskulitputih #tipskulitmulus #udahtaubelum #samasamabelajar #fyp #fyp #viral #SuperNova7Gue All Night (remix enak) - vunnyputriii_

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES