Hanya butuh 1 jenis kulit buah, ini cara membuat parfum untuk atasi bau akibat keringat berlebih

Hanya butuh 1 jenis kulit buah, ini cara membuat parfum untuk atasi bau akibat keringat berlebih

Brilio.net - Kondisi keringat berlebih yang bercampur dengan aktivitas bakteri di kulit dapat memicu timbulnya bau badan. Meski begitu sebenarnya keringat tidak berbau, namun dapat menjadi media bagi perkembangan bakteri. Bau badan muncul sebagai akibat aktivitas pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit.

Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam. Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik. Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya.

Produksi keringat tubuh biasanya akan lebih banyak ketika suhu badan menjadi panas seperti setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Meski demikian, produksi keringat pada sebagian orang bisa terjadi secara berlebihan. Kondisi ini disebut hiperhidrosis.

Penyebab terbentuknya keringat berlebih di tubuh bisa bermacam-macam, misalnya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, atau kelainan kelenjar tiroid, atau efek samping obat-obatan, seperti obat antidepresan. Selain karena bakteri di kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh.

Inilah salah satu alasan mengapa remaja yang sedang berada di masa pubertas lebih sering mengalami bau badan. Meskipun tidak berbahaya, bau badan sering menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Nah, untuk mengatasinya kebanyakan orang akan menggunakan parfum atau body mist untuk menyamarkan bau badan.

Parfum merupakan salah satu produk pewangi yang memiliki manfaat untuk mengatasi bau badan agar lebih meningkatkan kepercayaan diri. Terlepas dari banyaknya produk parfum di pasaran, kamu juga bisa membuat parfum sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tidak perlu merogoh kocek yang banyak, kamu dapat memilih parfum yang tahan lama dengan harga terjangkau loh. Saat ini sudah banyak di pasaran merek parfum tahan lama dan murah. Salah satunya yakni Evangeline Eau de Parfum yang mengeluarkan beberapa series seperti batik, bunga sakura, dan zodiak.

Variasi ukuran setiap series berbeda-beda. Untuk batik dan bunga Sakura 100 ml sedangkan zodiak 50 ml. Memakai Evangeline Eau de Parfum saat aktivitas indoor bisa bertahan 8 jam, sementara outdoor 4 jam. Yuk, klik di bawah ini untuk mendapatkan produknya.

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @chrstn.var. Dalam unggahan video tersebut, pemilik akun memberikan cara membuat parfum untuk atasi bau akibat keringat berlebih pakai kulit buah jeruk.

"Wanginya jadi kayak summer tropical gitu enak bgt sumpah!," tulisnya sebagai keterangan video yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @chrstn.var,Senin (24/4).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES