Diklaim bisa cegah penuaan, ini cara samarkan garis halus & kerutan menurut dokter pakai 1 jenis buah

Diklaim bisa cegah penuaan, ini cara samarkan garis halus & kerutan menurut dokter pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Garis halus dan kerutan merupakan dua masalah kulit wajah yang seringkali menjadi momok bagi sejumlah orang, terlebih lagi bagi mereka yang sudah memasuki usia di atas 40 tahunan. Walaupun garis halus dan kerutan ada kaitannya dengan proses penuaan, kedua masalah ini memiliki perbedaan dalam segi penampilan dan penyebabnya.

Garis halus merupakan garis-garis lembut dan tidak terlalu terlihat jelas pada permukaan kulit. Garis halus ini pada umumnya lebih halus dan daripada kerutan. Ini seringkali muncul pada tahap awal proses penuaan.

Garis halus ini biasa terjadi karena disebabkan oleh kulit yang kehilangan kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin ini merupakan protein struktural dalam kulit yang memberikan kepadatan, kekenyalan, dan kehalusan. Ini bisa terjadi karena usia yang semakin bertambah. Dalam kondisi ini produksi kolagen dan elastin ini semakin menurun dan menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan menyebabkan munculnya garis halus.

Selain itu, terdapat faktor lain yaitu dehidrasi. Nah, kulit yang kurang terhidrasi ini cenderung lebih rentan terhadap garis halus. Kurangnya asupan air atau kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein ini dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk tampilan garis halus.

Sedangkan kerutan ini merupakan lipatan yang lebih dalam pada kulit, yang sering kali muncul sebagai garis-garis yang jelas dan terdefinisi. Mereka umumnya merupakan tanda penuaan yang lebih lanjut daripada garis halus, meskipun faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi pembentukan kerutan. Nah, kerutan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penurunan produksi kolagen dan elastin, paparan sinar UV, dan faktor genetik.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES