Cara memutihkan mata kaki hitam dan kapalan cuma pakai 1 bahan minuman, warna kulit jadi lebih merata

Cara memutihkan mata kaki hitam dan kapalan cuma pakai 1 bahan minuman, warna kulit jadi lebih merata

Brilio.net - Selain siku dan lutut, mata kaki juga merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan menghitam. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kering, dan tekanan berlebih pada kulit. Kulit mata kaki berubah menjadi hitam akan dibarengi dengan penebalan atau yang disebut dengan kapalan yang diakibatkan oleh tekanan dari kebiasaan duduk bersila terlalu lama di tempat yang keras seperti lantai keramik.

Tidak hanya berubah menjadi hitam atau gelap, beberapa kondisi tertentu kulit pada mata kaki akan tampak pecah-pecah dibarengi dengan mengelupasnya kulit berwarna putih. Meski begitu, kondisi perubahan kulit menjadi hitam atau gelap yang terjadi pada mata kaki, lutut dan siku tidak bersifat permanen. Artinya kulit masih dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan dan penggunaan salep khusus untuk menyamarkan warna kulit pada bagian yang hitam.

Sebelum menjelaskan mengenai cara memutihkan mata kaki, perlu kamu ketahui bahwa kulit di sekitar mata kaki lebih tipis dari bagian tubuh lainnya, hal ini membuatnya menjadi mudah kering, menjadi tebal, dan menggelap. Saat bagian tubuh tertentu menjadi lebih gelap dari bagian lainnya, dalam dunia medis hal disebut hiperpigmentasi.

Hiperpigmnetasi yaitu ketika kulit membuat atau memiliki melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Meski mata kaki yang menghitam tidak berbahaya, beberapa orang ingin mencerahkannya agar sesuai dengan bagian tubuh lainnya. Selain menggunakan salep khusus, kamu juga bisa lho memutihkan mata kaki hitam dan kapalan hanya dengan memanfaatkan bahan alami.

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @raracantiknatural pada 5 Mei lalu. Dalam unggahan yang berdurasi 42 detik tersebut pemilik akun membagikan Cara memutihkan mata kaki hitam dan kapalan cuma pakai 1 bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah teh. Selain teh, ia juga menambahkan bahan lain yaitu air perasan lemon.

"Cuma Rutin Gisok Pakai Ini Lutut dan Mata Kaki Hitam Dekil Jadi putih Bening," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raracantiknatural, Jumat (7/7).

Cara memutihkan mata kaki hitam dan kapalan cuma pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat teh untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit bukanlah rahasia lagi. Karena teh kaya vitamin, mineral, antioksidan, antibakteri, kafein, flavonoid, dan tanin. Kandungan yang dimiliki teh tersebut baik untuk menjaga kecantikan kulit, mata, dan bibir. Teh juga bisa dijadikan toner, scrub, pelembap, masker, dan untuk mengompres.

Nah, jika kamu memiliki masalah mata kaki hitam, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan teh. Pengelupasan atau eksfoliasi adalah salah satu metode untuk mengangkat sel kulit mati saat membersihkan kulit sehingga terlihat lebih cerah. Teh dengan tekstur yang kasar bisa menjadi eksfoliator alami untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Antioksidan yang dimiliki daun teh juga dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Sehingga, bisa membantu mencerahkan mata kaki yang menghitam.

Sementara itu, lemon bukan hanya kaya vitamin C, lemon juga punya khasiat mencerahkan kulit. Artinya, ekstrak lemon berpotensi menyembuhkan area yang tampak gelap termasuk mata kaki. Tak hanya itu, lemon juga mengandung zat antiseptik dan astringent. Bahkan kandungan asam sitrat dalam lemon juga mampu mengatasi kapalan karena sifat asamnya mampu melembutkan kulit yang kasar dan kering.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES