Bukan pakai tepung beras, begini cara mengatasi hiperpigmentasi pada wajah dengan 1 jenis rempah

Bukan pakai tepung beras, begini cara mengatasi hiperpigmentasi pada wajah dengan 1 jenis rempah

Brilio.net - Salah satu masalah umum yang dapat mengganggu tampilan kulit adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana terjadi peningkatan produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, menyebabkan munculnya bercak gelap atau tidak merata pada permukaan kulit.

Hiperpigmentasi pada umumnya tidak menimbulkan sensasi nyeri atau gatal, namun bisa mengganggu penampilan secara estetis. Perlu diketahui bahwa hiperpigmentasi dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli jenis kulitnya. Penyebab hiperpigmentasi dapat bervariasi, namun paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor utama yang memicu kondisi ini.

Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang merangsang produksi melanin oleh sel-sel kulit sebagai respons perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat mengganggu produksi melanin normal, mengakibatkan penumpukan melanin yang berlebihan di area tertentu dan menyebabkan hiperpigmentasi.

Selain penyebab internal, ada juga faktor eksternal yang dapat memicu hiperpigmentasi. Misalnya, peradangan pada kulit akibat jerawat atau luka dapat meningkatkan produksi melanin di area yang terkena. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok atau mengandung bahan kimia keras juga dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kulit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Munculnya bercak hitam pada kulit, terutama kulit wajah, tentu akan mengganggu penampilan. Guna mengatasi bercak akibat hiperpigmentasi, ada beberapa metode perawatan yang bisa kamu gunakan atau lakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bukan pakai tepung beras, karena ada bahan lain yang tak kalah efektif dari tepung lho. Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @glamtayus pada 19 Mei 2023. Dalam unggahan itu, ia membagikan tentang cara mengatasi hiperpigmentasi pada wajah dengan 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah kunyit. Selain kunyit, ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt.

"turmeric and yogurt face mask for hyperpigmentation (masker wajah kunyit dan yogurt untuk hiperpigmentasi)," katanya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @glamtayus, Sabtu (5/8).

Mengatasi hiperpigmentasi wajah dengan 1 rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES