Bukan pakai scrub kopi, ini cara atasi bibir kering dan pecah-pecah gunakan 2 bahan dapur

Bukan pakai scrub kopi, ini cara atasi bibir kering dan pecah-pecah gunakan 2 bahan dapur

Brilio.net - Bibir kering dan pecah-pecah adalah kondisi di mana bibir kehilangan kelembapan alaminya sehingga menjadi kering, kasar, dan sering kali terasa tidak nyaman. Tak jarang pula bibir kering dan pecah-pecah ini dapat menyebabkan rasa sakit, iritasi, dan bahkan bisa berdarah pada kasus yang lebih parah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor misalnya kondisi lingkungan, dehidrasi maupun kebiasaan menjilat bibir.

Apalagi ketika berpuasa sering kali jadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Pasalnya selama berpuasa seseorang mungkin mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan selama periode puasa. Selain itu, berpuasa juga bisa memengaruhi kebiasaan minum dan makan seseorang yang dapat menjadi penyebab bibir semakin kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah bibir kering dan pecah selama berpuasa, penting untuk memastikan asupan cairan yang cukup saat berbuka puasa dan sahur.

Penting untuk hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein atau gula. Jenis minuman tersebut dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh sebab itu, kamu bisa menjaga pola makan dan minum yang lebih sehat serta menggunakan pelembap bibir yang baik.

Tak hanya menggunakan pelembab, kamu juga bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti gula dan madu.

Gula memiliki kemampuan eksfoliasi yang baik untuk bibir.

Gula salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Meskipun gula memiliki kemampuan eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan bibir, penggunaannya secara langsung mungkin tidak ideal untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini karena gula memiliki tekstur yang kasar dan bisa menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada bibir yang sensitif.

cara atasi bibir kering dan pecah-pecah gunakan 2 bahan dapur  2024 brilio.net

foto: freepik.com

Namun, kamu bisa menggunakan gula sebagai bahan scrub bibir yang lembut untuk membantu mengurangi bibir kering serta menghaluskan permukaan bibir. Jadi, jangan gunakan secara langsung ya tetapi bisa digunakan dengan bahan lain seperti madu.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES