Bukan pakai kopi, begini cara memutihkan lutut hitam dengan 1 jenis rempah

Bukan pakai kopi, begini cara memutihkan lutut hitam dengan 1 jenis rempah

Brilio.net - Selain wajah, tentunya anggota tubuh lainnya juga perlu perawatan. Misalnya daerah lutut. Memiliki lutut hitam sering kali membuat orang merasa tidak percaya diri. Apalagi jika ingin menggunakan celana atau rok pendek. Lutut hitam adalah kondisi di mana kulit pada bagian lutut lebih gelap dari bagian tubuh lainnya.

Penyebab lutut hitam yang paling utama adalah hiperpigmentasi yang terjadi saat kulit memproduksi melanin berlebih. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit manusia. Meskipun lutut hitam tidak berbahaya, banyak orang yang ingin mengatasinya agar lebih percaya diri dalam berpenampilan.

Selain hoperpigmentasi, ada beberapa kondisi penyebab kulit lutut terlihat lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Di antaranya, lutut sering mendapatkan gesekan atau tekanan contohnya keseringan berlutut, disebabkan karena penumpukan sel kulit mati, karena terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, peradangan pada kulit, seperti eksim dan psoriasis dan faktor keturunan atau genetik.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hiperpigmentasi yang merupakan penyebab lutut hitam. Kamu bisa menggunakan pelembap setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan lutut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai kopi, karena kamu bisa memanfaatkan bahan alami lainnya yang juga ampuh untuk memutihkan area lutut hitam. Seperti unggahan dari akun TikTok @lifetimebunny pada 2 Juni 2023.

Video tersebut berisi tentang cara memutihkan lutut hitam dengan satu jenis rempah. Rempah dapur yang digunakan adalah bubuk kunyit. Bahkan pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

Memutihkan lutut hitam dengan 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai salah satu jenis rempah yang kerap kali digunakan untuk memasak, ternyata kunyit juga dapat kamu manfaatkan untuk memutihkan lutut hitam lho. Kunyit adalah bahan alami untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari lutut dan siku tanpa efek samping. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang mengurangi dan mengatur produksi melanin berlebih yang bertanggung jawab untuk kulit gelap.

Begitupun dengan madu yang juga dikenal mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Madu diketahui mampu mencerahkan, melembapkan, dan memutihkan kulit lutut. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya dan bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Salah satu produk madu yang bisa kamu gunakan, yakni Madu TJ. Cek di bawah ini untuk membelinya lewat e-commerce.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES