Bukan dengan yoghurt, ini trik bikin krim anti keriput agar wajah awet muda pakai 1 bahan masak

Bukan dengan yoghurt, ini trik bikin krim anti keriput agar wajah awet muda pakai 1 bahan masak

Brilio.net - Dilihat dari perspektif medis kecantikan, penuaan merupakan sebuah fase dimana kulit secara perlahan kehilangan elastisitasnya akibat berkurangnya produksi kolagen dan elastin. Tidak hanya itu, penuaan juga seringkali disertai dengan penurunan kepadatan lemak di berbagai area tubuh, termasuk di wajah. Akibatnya, pengurangan volume tersebut akan memicu berubahnya struktur wajah yang lambat laun akan semakin mengendur, sehingga menampakkan kerutan seperti keriput dan garis halus.

Salah satu faktor utama yang berpengaruh dalam mempercepat proses penuaan adalah paparan sinar matahari dan polusi. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet (UV), khususnya UVA, dapat menembus lapisan kulit dalam dan kemudian mempercepat penguapan kelembapan kulit dan merusak struktur yang dipertahankan serat kolagen dan elastin. Sementara itu, polusi yang menempel di kulit dapat merusak skin barrier yang melindungi kulit. Akibatnya, proses regenerasi kulit pun akan terganggu dan lama-kelamaan berujung pada munculnya keriput.

Selain faktor di atas, hal-hal seperti merokok, kurang tidur, hingga pola makan yang tidak sehat juga dapat memicu kekencangan kulit. Hal ini disebabkan aktivitas-aktivitas tersebut dapat memicu terjadinya stres oksidatif yang menghasilkan banyak hormon stres (kortisol). Hormon ini kemudian dapat merusak struktur kolagen dalam kulit. Alhasil, rusaknya kelembapan alami kulit ini akan berujung pada kekeringan dan keriput sekalipun.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES